Normaliya, Rizan Islamiyati (2017) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MENJAHIT KEMEJA KELAS XI DI SMK NEGERI 3 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
FULL.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengetahui motivasi belajar siswa di SMK Negeri 3 Klaten dalam menjahit kemeja kelas XI, (2) Mengetahui pencapaian kompetensi siswa di SMK Negeri 3 Klaten dalam menjahit kemeja kelas XI, (3) Membuktikan adanya hubungan antara motivasi belajar dengan pencapaian kompetensi menjahit kemeja kelas XI pada mata pelajaran pembuatan busana industri di SMK Negeri 3 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 3 Klaten sebanyak 95 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 75 siswa ditentukan dengan Nomogram Harry King dengan taraf signifikansi 5%, kemudian sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling . Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, lembar psikomotor dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan statistik metode parametrik dengan uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji linearitas kemudian menggunakan korelasi product moment dari Pearson dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 3 Klaten dalam menjahit kemeja dikategorikan sangat tinggi dengan mean 117,59 (70%), (2) Pencapaian kompetensi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Klaten dalam menjahit kemeja dikategorikan sangat tinggi dengan mean 84,71 (32%), (3) Ada hubungan antara motivasi belajar dengan pencapaian kompetensi menjahit kemeja dimana r hitung sebesar 0,398, lebih besar dari r tabel 0,227 dengan N=75 pada taraf signifikansi 5%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, kompetensi kemeja, Siswa |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 02:14 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53699 |
Actions (login required)
View Item |