PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ECIRR UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA MAN YOGYAKARTA 1 PADA MATERI ASAM DAN BASA

Apriliani, Rizkha (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ECIRR UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA MAN YOGYAKARTA 1 PADA MATERI ASAM DAN BASA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Skripsi_Rizkha.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) adanya penurunan yang signifikan pada jumlah peserta didik kelas XI MIPA MAN Yogyakarta 1 yang mengalami miskonsepsi setelah penerapan model pembelajaran ECIRR pada materi pokok Asam dan Basa, dan 2) profil pergeseran konsepsi peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran ECIRR. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pre-experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Yogyakarta 1. Sampel penelitian adalah 25 peserta didik kelas XI MIPA 3 semester genap tahun ajaran 2016/2017 yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Sampel tersebut diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran ECIRR. Data diambil menggunakan teknik tes. Instrumen pengumpulan data adalah soal tes diagnostik miskonsepsi berbantuan Certainty of Response Index (CRI). Data dianalisis menggunakan uji t sama subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat penurunan yang signifikan pada jumlah peserta didik kelas XI MIPA MAN Yogyakarta 1 yang mengalami miskonsepsi setelah penerapan model pembelajaran ECIRR pada materi pokok Asam dan Basa dan, 2) pergeseran konsepsi peserta didik kelas XI MIPA MAN Yogyakarta 1 setelah penerapan model pembelajaran ECIRR pada materi pokok Asam dan Basa didominasi oleh pergeseran konsepsi dari “miskonsepsi” menuju “tahu konsep”.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 Oct 2017 08:39
Last Modified: 30 Jan 2019 15:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53697

Actions (login required)

View Item View Item