Apriliani, Rizkha (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ECIRR UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA MAN YOGYAKARTA 1 PADA MATERI ASAM DAN BASA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.
|
Text
BAB 1 Skripsi_Rizkha.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) adanya penurunan yang signifikan pada jumlah peserta didik kelas XI MIPA MAN Yogyakarta 1 yang mengalami miskonsepsi setelah penerapan model pembelajaran ECIRR pada materi pokok Asam dan Basa, dan 2) profil pergeseran konsepsi peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran ECIRR. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pre-experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Yogyakarta 1. Sampel penelitian adalah 25 peserta didik kelas XI MIPA 3 semester genap tahun ajaran 2016/2017 yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Sampel tersebut diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran ECIRR. Data diambil menggunakan teknik tes. Instrumen pengumpulan data adalah soal tes diagnostik miskonsepsi berbantuan Certainty of Response Index (CRI). Data dianalisis menggunakan uji t sama subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat penurunan yang signifikan pada jumlah peserta didik kelas XI MIPA MAN Yogyakarta 1 yang mengalami miskonsepsi setelah penerapan model pembelajaran ECIRR pada materi pokok Asam dan Basa dan, 2) pergeseran konsepsi peserta didik kelas XI MIPA MAN Yogyakarta 1 setelah penerapan model pembelajaran ECIRR pada materi pokok Asam dan Basa didominasi oleh pergeseran konsepsi dari “miskonsepsi” menuju “tahu konsep”.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Admin Kimia FMIPA |
Date Deposited: | 31 Oct 2017 08:39 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53697 |
Actions (login required)
View Item |