Pengaruh Latihan Passing dan Koordinasi Mata Kaki terhadap Ketepatan Short Passing pada Siswa Kelas Khusus Olahraga Sepakbola di SMP Negeri 3 Sleman Yogyakarta.

Witama, Gratheo Hadi (2017) Pengaruh Latihan Passing dan Koordinasi Mata Kaki terhadap Ketepatan Short Passing pada Siswa Kelas Khusus Olahraga Sepakbola di SMP Negeri 3 Sleman Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-gratheo-hadi-witama-15711251094.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) Perbedaan pengaruh metode latihan passing bervariasi posisi tetap dan berubah terhadap ketepatan short passing; (2) Perbedaan pengaruh kemampuan koordinasi mata kaki tinggi dan koordinasi mata kaki rendah terhadap ketepatan short passing; dan (3) Interaksi antara metode latihan passing bervariasi posisi tetap dan berubah dan koordinasi mata kaki (tinggi dan rendah) terhadap ketepatan short passing pada siswa kelas khusus olahraga di SMP Negeri 3 Sleman. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Sampel penelitian 20 siswa kelas khusus olahraga di SMP Negeri 3 Sleman, yang diambil dengan teknik random dari jumlah populasi 38 siswa. Instrumen untuk mengukur koordinasi adalah Soccer Wall Volley Test. Instrumen untuk mengukur ketepatan short passing adalah tes ketepatan short passing. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan metode latihan passing bervariasi posisi tetap dan berubah terhadap ketepatan short passing pada siswa kelas khusus olahraga di SMP Negeri 3 Sleman, yang terbukti dari nilai F = 20,480 dan nilai p = 0,000 < 0,05. Metode latihan passing bervariasi posisi berubah lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan metode latihan passing bervariasi posisi tetap dengan selisih rata-rata posttest sebesar 1,6. (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan kemampuan koordinasi mata kaki tinggi dan koordinasi mata kaki rendah terhadap ketepatan short passing pada siswa kelas khusus olahraga di SMP Negeri 3 Sleman, yang terbukti dari nilai F = 8,000 dan nilai p = 0,012 < 0,05. Pemain yang memiliki koordinasi tinggi lebih baik dibandingkan dengan pemain yang memiliki koordinasi rendah dengan selisih nilai rata-rata sebesar 1,0. (3) Ada interaksi yang signifikan antara metode latihan passing bervariasi posisi tetap dan berubah dan koordinasi mata kaki (tinggi dan rendah) terhadap ketepatan short passing pada siswa kelas khusus olahraga di SMP Negeri 3 Sleman, yang terbukti dari nilai F = 128,00 dan nilai p = 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: latihan passing bervariasi, koordinasi, ketepatan short passing
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Oct 2017 08:31
Last Modified: 17 Jan 2022 02:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53696

Actions (login required)

View Item View Item