PENGEMBANGAN BUKU SAKU PENGAYAAN KIMIA MATERI LAJU REAKSI SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA

Aprilia, Ellisa (2017) PENGEMBANGAN BUKU SAKU PENGAYAAN KIMIA MATERI LAJU REAKSI SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI_Ellisa Aprilia.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik buku saku pengayaan laju reaksi kimia untuk siswa kelas XI SMA/MA sebagai alternatif sumber belajar mandiri dan mengetahui kualitas buku saku pengayaan laju reaksi kimia yang dihasilkan, ditinjau dari aspek isi/materi, pemahaman konsep, penyajian, kegrafikaan, dan kebahasaan/keterbacaan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Tahap implementasi tidak dilakukan karena tidak menguji efektifitas produk. Produk ditinjau oleh ahli materi, ahli media, dan peer reviewer yang kemudian dinilai oleh 10 reviewer. Analisis data dengan mengubah data kualitatif menjadi data kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan buku saku dengan judul “Buku Saku Laju Reaksi” berukuran 15 x 10 cm dan berisi materi kemolaran, persamaan laju reaksi, orde reaksi, teori tumbukan, mekanisme reaksi, faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, dan laju reaksi pada industri. Berdasarkan hasil penilaian dari reviewer diperoleh skor rata-rata sebesar 112 dengan presentase keidealan sebesar 86,15% sehingga kualitas buku saku ini termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa buku saku ini layak digunakan sebagai alternatif sumber belajar mandiri bagi siswa kelas XI SMA/MA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 Oct 2017 06:58
Last Modified: 30 Jan 2019 15:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53693

Actions (login required)

View Item View Item