Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Menganalisis Biologi Siswa SMA Kelas XI.

Yunita, Resfa (2017) Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Menganalisis Biologi Siswa SMA Kelas XI. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-resfa-yunita-15725251007.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar biologi siswa melalui penerapan pembelajaran biologi dengan model TSTS pada siswa kelas XI SMA dan (2) meningkatkan kemampuan menganalisis biologi siswa melalui penerapan pembelajaran biologi dengan model TSTS pada siswa kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kolaboratif (PTK) dua sekolah yang berfokus pada kelas. penelitian bersifat kolaboratif antara peneliti beserta guru ke dua sekolah. Pelaksanaan penelitian ini sebanyak 2 siklus. Setiap siklus menggunakan empat tahapan PTK yaitu: (1) planning (perencanaan), (2) action (tindakan/pelaksanaan), (3) observation (pengamatan), dan (4) reflection (refleksi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA4 SMA 1 Prambanan yang berjumlah 24 siswa dan XI MIPA3 SMA 2 Ngaglik yang berjumlah 29 siswa pada Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2017 di SMA 1 Prambanan dan di SMA 2 Ngaglik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar keterlaksanaan pembelajaran model TSTS, angket motivasi belajar siswa, dan tes kemampuan menganalisis siswa berupa soal pilihan ganda dan uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan menganalisis siswa kelas XI di SMA 1 Prambanan dan SMA 2 Ngaglik. hal ini dapat dilihat dari peningkatan motivasi belajar sebelum ke siklus I ke siklus II. Hasil rata-rata motivasi belajar siswa di SMA 1 Prambanan siklus 1 sebesar 64,10, dan pada siklus II 77,81. Sedangkan rata-rata hasil motivasi belajar siswa di SMA 2 Ngaglik siklus 1 sebesar 64,97, dan pada siklus II 78,65. Rata-rata kemampuan menganalisis siswa di SMA 1 Prambanan siklus 1 sebesar 67,85 dengan ketuntasan klasikal sebesar 38,46% dan pada siklus II 80,00 dengan ketuntasan klasikal sebesar 84,61%. Sedangkan rata-rata kemampuan menganalisis siswa di SMA 2 Ngaglik siklus 1 sebesar 67,34 dengan ketuntasan klasikal sebesar 37,50% dan pada siklus II 78,91 dengan ketuntasan klasikal sebesar 81,25% dan sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Two Stay Two Stray (TSTS), motivasi, kemampuan menganalisis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Oct 2017 06:57
Last Modified: 09 May 2019 08:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53692

Actions (login required)

View Item View Item