HUBUNGAN LINGKUNGAN SOSIAL MAHASISWA DAN KEAKTIFAN BERSOSIALISASI DI LINGKUNGAN KAMPUS DENGAN KOMPETENSI SOSIAL MAHASISWA CALON GURU

Sigit, Wisnu Untoro (2017) HUBUNGAN LINGKUNGAN SOSIAL MAHASISWA DAN KEAKTIFAN BERSOSIALISASI DI LINGKUNGAN KAMPUS DENGAN KOMPETENSI SOSIAL MAHASISWA CALON GURU. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
NASKAH TA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kompetensi sosial mahasiswa program studi bimbingan Konseling FIP Universitas Negeri Yogyakarta secara umum, (2) lingkungan sosial mahasiswa program studi bimbingan konseling, (3) keaktifan bersosialisasi mahasiswa program studi bimbingan konseling, (4) hubungan antara lingkungan sosial mahasiswa dengan kompetensi sosial mahasiswa, (5) hubungan antara keaktifan bersosialisasi di kampus dengan kompetensi sosial mahasiswa, (6) hubungan antara lingkungan sosial mahasiswa dan keaktifan bersosialisasi di kampus dengan kompetensi sosial mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-postfacto. Teknik pengambilan sampel multi stage, sampel program study PSBK FIP UNY sebanyak 174 mahasiswa angkatan 2011-2013 dari 408 mahasiswa sampel dipilih secara acak. Data penelitian dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi product moment dengan bantuan perangkat lunak SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan : (1) kompetensi sosial mahasiswa secara umum dikategorikan sangat baik, (2) lingkungan sosial mahasiswa dikategorikan sangat baik, (3) keaktifan bersosialisasi mahasiswa dikategorikan sangat baik, (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan sosial mahasiswa dengan kompetensi sosial mahasiswa, nilai signifikansi P sebesar 0,00 < 0,05, (5) terdapat hubungan positif dan signifikan antara keaktifan bersosialisasi dengan kompetensi sosial mahasiswa, P sebesar 0,00 < 0,05, (6) terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan sosial mahasiswa dan keaktifan bersosialisasi dengan kompetensi sosial mahasiswa, P sebesar 0,00 < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kompetensi sosial, lingkungan sosial, keaktifan bersosialisasi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:23
Last Modified: 30 Jan 2019 15:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53690

Actions (login required)

View Item View Item