IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING GUNA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN MINAT BACA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 SEDAY

Rega, Chandra Irawan (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING GUNA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN MINAT BACA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 SEDAY. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Rega Chandra Irawan.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan minat baca peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Sedayu dengan mengimplementasikan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Pada setiap siklus terdiri dari tiga langkah menurut Kemmis & McTaggart yaitu perencanaan ( planning ), tindakan dan observasi ( acting and observing ), dan refleksi ( reflecting ). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR A SMK Negeri 1 Sedayu Bantul semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah sebanyak 32 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran Discovery Learning dan keaktifan belajar peserta didik, serta lembar angket minat baca. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif keaktifan belajar dan minat baca peserta didik. Kriteria keberhasilan dari penelitian ini yaitu presentase keaktifan belajar dan minat baca peserta didik minimal sebesar 76%. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran Dis c o v e r y L e a r nin g dapat meningkatkan keaktifan belajar dan minat baca peserta didik kelas X TKR A SMKN 1 Sedayu Bantul. Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase keaktifan belajar peserta didik pada siklus I menjadi sebesar 29,5% dan persentase minat baca peserta didik sebesar 78,2%. Pada pelaksanaan siklus II persentase keaktifan belajar peserta didik menjadi sebesar 63,4% dan persentase minat baca peserta didik sebesar 79,2%. Sedangkan pelaksanaan siklus III persentase keaktifan belajar peserta didik menjadi sebesar 76,5% dan persentase minat baca peserta didik sebesar 79,4% dengan kualifikasi kualitas persentase minat baca peserta didik “baik” pada keaktifan belajar dan minat baca peserta didik. Penelitian ini dihentikan pada siklus III karena berdasarkan hasil peneliian pada siklus III, telah berhasil mencapai indikator keberhasilan yaitu minimal 76% pada presentase keaktifan belajar dan minat baca peserta didik sehingga tidak dilakukan tindakan siklus IV.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning , Keaktifan Belajar , Minat Baca
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:12
Last Modified: 30 Jan 2019 15:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53687

Actions (login required)

View Item View Item