PENGEMBANGAN BUKU SAKU PENGAYAAN KIMIA MATERI SISTEM KOLOID SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA

Wulandari, Atika Nur (2017) PENGEMBANGAN BUKU SAKU PENGAYAAN KIMIA MATERI SISTEM KOLOID SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Atika Nur Wulandari.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik buku saku materi sistem koloid sebagai alternatif sumber belajar mandiri bagi siswa kelas XI SMA/MA yang dikembangkan dan mengetahui kualitas buku saku sebagai berdasarkan penilaian dari guru kimia sebagai reviewer. Metode dalam penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Produk awal ditinjau oleh seorang ahli materi, seorang ahli media dan 5 orang peer reviewer untuk memperoleh masukan dan/atau koreksi sebagai pertimbangan untuk melakukan revisi. Produk hasil revisi selanjutnya dilakukan penilaian kualitas oleh 10 orang guru kimia sebagai reviewer. Produk yang dikembangkan memiliki ukuran 10 cm x 15 cm. Ketebalan buku saku 97 halaman berisi materi sejarah koloid, pengertian koloid, perbedaan koloid dengan dispersi lain, jenis-jenis koloid, sifat dan penerapan koloid dalam kehidupan sehari-hari, koloid liofil dan liofob, pembuatan koloid, dan penerapan koloid dalam industri. Kualitas buku saku ditentukan berdasarkan penilaian 10 orang reviewer. Berdasarkan penilaian reviewer, diperoleh skor rata-rata sebesar 125,3 dan presentase keidealan sebesar 86,4%, sehingga kualitas buku saku termasuk dalam kategori sangat baik (SB). Berdasarkan hasil tersebut, maka buku saku pengayaan kimia materi sistem koloid layak digunakan sebagai alternatif sumber belajar mandiri untuk siswa kelas XI XMA/MA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 Oct 2017 04:29
Last Modified: 30 Jan 2019 15:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53679

Actions (login required)

View Item View Item