Pengaruh Budaya Sekolah, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap.

Yunianto, Werdi (2017) Pengaruh Budaya Sekolah, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-werdi-yunianto-15703259018.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengukur besarnya pengaruh budaya sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, dan pelatihan secara sendiri-sendiri dan bersama-sama terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh guru di Sekolah Dasar yang berjumlah 419 guru. Jumlah sampel menggunakan rumus Slovin pada sampling error 5% sehingga sampel berjumlah 205 guru. Teknik sampling menggunakan proporsional random sampling. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasarat analisis yang meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedatisitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan budaya sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, dan pelatihan terhadap kinerja guru secara berturut-turut sebesar 27%, 43,6%, dan 32,5%, dan ketiga variabel tersebut secara simultan mempengaruhi kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap secara signifikan sebesar 54,3%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: budaya sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, pelatihan, dan kinerja guru.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Oct 2017 04:00
Last Modified: 09 May 2019 08:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53675

Actions (login required)

View Item View Item