EFEKTIVITAS PENERAPAN REPRESENTASI MULTIPEL MATERI ASAM BASA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Fitriarachma, Anindya (2017) EFEKTIVITAS PENERAPAN REPRESENTASI MULTIPEL MATERI ASAM BASA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Skripsi_Anindya.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan representasi multipel dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional tanpa penerapan representasi multipel. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen. Obyek penelitian adalah SMA atau MA yang setara dengan SMA N 1 Gamping. Sampel penelitian berjumlah 64 siswa yang terbagi dalam 32 siswa kelas kontrol dan 32 siswa kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode yang digunakan untuk kelas eksperimen adalah metode ceramah dengan penerapan representasi multipel, sementara untuk kelas kontrol adalah metode ceramah tanpa adanya penerapan representasi multipel. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji t-beda subjek. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas dua SMA N 1 Gamping yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan representasi multipel pada pembelajarannya dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan representasi multipel. Selain itu metode ceramah yang menggunakan pendekatan representasi multipel lebih efektif dibandingkan pembelajaran dengan metode ceramah tanpa menggunakan pendekatan representasi multipel.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 Oct 2017 03:09
Last Modified: 30 Jan 2019 15:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53673

Actions (login required)

View Item View Item