PENGEMBANGAN TRAINER ATMEGA 16 MENGGUNAKAN PPI 8255 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MIKROKONTROLLER UNTUK KELAS XI TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

Shinta, Noviana Purwanti (2017) PENGEMBANGAN TRAINER ATMEGA 16 MENGGUNAKAN PPI 8255 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MIKROKONTROLLER UNTUK KELAS XI TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
NASKAH TAS.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Negeri 2 Bojonegoro kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri kelas XI belum tersedia media pembelajaran dalam bentuk trainer , sedangkan program yang digunakan masih berupa simulasi proteus tanpa diimbangi keterampilan praktik menggunakan trainer hardware . Penelitian ini bertujuan untuk rancang bagun serta mengetahui unjuk kerja dan tingkat kelayakan trainer pengembangan ATmega 16 menggunakan 8255 pada Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK N 2 Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development . Objek penelitian adalah Pengembangan trainer ATmega 16 Menggunakan 8255. Tahap Pengembangan produk meliputi 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Produk, 5) Revisi Desain, 6) Ujicoba Produk, 7) Revisi Produk, 8) Ujicoba Pemakaian, 9) Produk Akhir. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi 1). Pengujian dan pengamatan untuk mengetahui kelayakan trainer serta unjuk kerja, 2). Angket penelitian. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan pengamatan dan kuesioner (angket). Validasi media pembelajaran melibatkan ahli materi dan ahli media, serta ujicoba pemakaian dilakukan oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengembangan trainer sudah sesuai dengan rancangannya sebagai pengembangan trainer ATmega 16 menggunakan 8255 di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Hasil validator oleh ahli materi memperoleh tingkat kelayakan dengan presentase sebesar 83,79% dengan kategori sangat layak. Hasil validator oleh ahli media memperoleh tingkat kelayakan dengan presentase sebesar 79,42% dengan kategori sangat layak. Uji pemakaian oleh siswa kelas XI program keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK N 2 Bojonegoro memperoleh nilai presentase kelayakan sebesar 84,31%, sehingga pengembangan trainer ATmega 16 menggunakan 8255 ini dikategorikan sangat layak sebagai media pembelajaran untuk program keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK N 2 Bojonegoro.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: T rainer , AT mega 16, 8255
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:03
Last Modified: 30 Jan 2019 15:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53672

Actions (login required)

View Item View Item