PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBUAT POLADASAR SISTEM MEYNEKE MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK BIDANG KEAHLIAN TATA BUSANA DI SMK N 1 DLINGO

Eka, Puji Lestari (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBUAT POLADASAR SISTEM MEYNEKE MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK BIDANG KEAHLIAN TATA BUSANA DI SMK N 1 DLINGO. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBUAT POLA DASAR SISTEM MEYNEKE MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran membuat pola dasar sistem meynekemenggunakanMacromedia Flash, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran membuat pola dasar sistem meynekemenggunakan Macromedia Flash Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam pada penelitian ini adalah model pengembangan menurut Borg and Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov. Prosedur pegembangan terdiri dari lima tahapan, yaitu : (1) analisis kebutuhan produk, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba skala kecil dan revisi, (5) uji coba skala besar dan produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1Dlingo dengan subyek penelitian berjumlah 24 siswa pada kelas Busana. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Uji validitas menggunakan validitas isi dengan meminta pertimbangan dari ahli (Judgement Expert) rumus perhitungannya menggunakan Antar Raterdan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah : (1) produk media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan model pengembangan menurut Borg and Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov menghasilkan produk berbentuk CD interaktif yang berisi program media pembelajaran menggunakan Macromedia Flash dengan materi pembelajaran pembuatan pola dasar sistem meyneke, (2) media pembelajaran membuat pola dasar sistem meyneke berbasis macromedia flash dinyatakan layak berdasarkan hasil pendapat siswa dengan presentase 67,5% pada uji coba skala kecil dan 66,67% pada uji coba skala besar. Dari hasil penelitian tersebut maka media pembelajaran membuat pola dasar sistem meynekemenggunakanmacromedia flash dapat digunakan untuk media pembelajaran membuat pola dasar sistem meyneke di SMK N 1 Dlingo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media, meyneke, macromedia flash
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Nov 2017 01:55
Last Modified: 30 Jan 2019 15:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53670

Actions (login required)

View Item View Item