PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MENJAHIT GAUN PADA SISWA KELAS X JURUSAN TATA BUSANA DI SMK DIPONEGORO YOGYAKARTA

Marinda, Yuni Asari (2017) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MENJAHIT GAUN PADA SISWA KELAS X JURUSAN TATA BUSANA DI SMK DIPONEGORO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
1 JUDUL WARNA.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 DAFTAR ISI DLL.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB II.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB III.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB IV.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB V.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ALL FILE PDF.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui motivasi belajar menjahit gaun siswa kelas X yang tidak menggunakan video pembelajaran di SMK Diponegoro Yogyakarta (2) mengetahui motivasi belajar menjahit gaun siswa kelas X yang menggunakan video pembelajaran di SMK Diponegoro Yogyakarta (3) mengetahui pengaruh video pembelajaran terhadap motivasi belajar menjahit gaun pada siswa kelas X di SMK Diponegoro Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Eksperiment. Desain penelitian menggunakan One Group Pre-test Post-test design. Populasi sebanyak 38 siswa dan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakansimple random sampling dengan cara undian. Pengumpulan data menggunakan angket. Validitas instrumen menggunakan judgment expert, kemudian diuji cobakan dan dihitung dengan rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen menggunakan tekniktes retes dengan rumus alpha cronbach. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan inferensial. Uji hipotesis menggunakan uji PairedT-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rerata motivasi siswa yang tidak menggunakan media video pembelajaran sebesar 32,6 masuk dalam kategori motivasi rendah, (2) rerata motivasi siswa yang menggunakan media video pembelajaran sebesar 46,7 masuk dalam kategori motivasi sangat tinggi, (3) Ada pengaruh media video pembelajaran terhadap motivasi belajar menjahit gaun siswa kelas X jurusan Tata Busana di SMK Diponegoro, Berdasarkan hasil uji t test t hitung ≤ t tabel yaitu -10,441 ≤ 1,699 dengan signifikansi 0,000<0,05. Hal ini membuktikan bahwa media video pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar menjahit gaun siswa kelas X jurusan tata busana di SMK Diponegoro.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Motivasi, Gaun.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:01
Last Modified: 30 Jan 2019 15:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53665

Actions (login required)

View Item View Item