PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PIRMIDA QUESTION PADA MATERI ZAT GIZI UNTUK PELAJARAN ILMU GIZI DI KELAS X BOGA SMK NEGERI 1 SEWON BANTUL

Khoirun Nisaa, Ulil Baroroh (2017) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PIRMIDA QUESTION PADA MATERI ZAT GIZI UNTUK PELAJARAN ILMU GIZI DI KELAS X BOGA SMK NEGERI 1 SEWON BANTUL. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Naskah_11511244023-Khoirun Nisaa Ulil Baroroh.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media Game Edukasi Piramida Question pada materi zat gizi untuk Mata Pelajaran Ilmu Gizi di kelas X Tata Boga SMK N 1 Sewon Bantul yang digunakan dalam proses pembelajaran.(2) Mengetahui kelayakan Game Edukasi Piramida Question pada materi Zat Gizi untuk Mata Pelajaran Ilmu Gizi di kelas X Tata Boga SMK Negeri 1 Sewon Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Tahapan penelitian pengembangan dimulai bulan Januari 2015 sampai bulan September 2017. Model penelitian dan pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu define, design, develop dan disseminate. Validasi media dan materi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Uji Media Game Edukasi dilakukan kepada 50 siswa kelas X Boga SMK Negeri 1 Sewon Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis Teknik Deskriptif Kuantitatif dan Kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui (1) Media Pembelajaran Game Edukasi Piramida Question dikembangkan melalui 4 tahap yaitu tahap pertama Define (Pendefinisian) terdiri dari analisis awal, analisis peserta didik, analisis konsep, analisis tugas dan perumusan tujuan pembelajaran, tahap kedua Design (Perancangan) terdiri penyusunan standar tes, pemilihan media, pemilihan format dan rancangan awal, tahap ketiga Develop (Pengembangan) terdiri dari validasi oleh ahli media dan ahli materi, uji pengembangan untuk kelayakan Game Edukasi Piramida Question, tahap keempat Disseminate (Penyebaran) terdiri atas hasil validasi penguna, pengemasan media pembelajaran Game Edukasi Piramida Question, penyebaran untuk di sekolah. (2) Game Edukasi Piramida Question memperoleh penilaian kelayakan dari ahli media sebesar 97,6% dengan kategori sangat layak selanjutnya penilaian dari ahli materi sebesar 83,3% dengan kategori sangat layak, Game Edukasi Piramida Question dilakukan pengujian ke siswa dengan hasil 83,16% termasuk kategori penilaian sangat layak, Penyebaran Media Pembelajaran Game Edukasi Piramida Question dapat diakses di http:/ www.kongregate.com/games/q2w3e4r5/piramida-question.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi Piramida Quetion, Pengembangan, kelayakan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Nov 2017 01:54
Last Modified: 30 Jan 2019 15:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53664

Actions (login required)

View Item View Item