Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Mikroorganisme Kelas VII SMP

Hotimah, Hotimah (2017) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Mikroorganisme Kelas VII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hotimah-11707251011.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif IPA pada materi mikroorganisme yang layak di SMP, dan (2) untuk mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif IPA dalam peningkatan pemahaman siswa pada materi mikroorganisme.¬ Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Alessi & Trollip. Desain pengembangan dikelompokkan menjadi tiga tahapan prosedur pengembangan, yang meliputi: (a) perencanaan, (b) desain, dan (c) pengembangan. Untuk uji validitas multimedia (uji alpha) dilakukan oleh 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media. Subjek uji beta (uji coba skala kecil) yaitu 6 siswa SMP Negeri 1 Wates kelas VII. Subjek validasi program adalah 30 siswa SMP Negeri 1 Wates kelas VII. Instrumen pengumpulan data untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan yaitu berupa angket validasi oleh ahli media, ahli materi, dan pengguna (siswa); dan untuk mengetahui keefektifan penggunaan multimedia dilaksanakan pembelajaran menggunakan multimedia hasil pengembangan dan tes hasil belajar (pretest dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut. (1) Ahli materi menilai aspek pembelajaran dan aspek materi dengan kategori layak (skala 4,15), ahli media menilai aspek media dengan kategori layak (skala 4,2), dan siswa (pengguna) menilai aspek pembelajaran, aspek materi, dan aspek media dengan kategori sangat layak (skala 4,5), sehingga dapat disimpulkan bahwa produk multimedia pembelajaran interaktif ini dinilai layak digunakan siswa SMP. (2) Hasil uji coba lapangan (hasil pretes dan postes) menunjukkan bahwa multimedia interaktif IPA ini dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi mikroorganisme.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Mikroorganisme
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pasca Sarjana: Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 30 Oct 2017 03:22
Last Modified: 30 Oct 2017 03:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53657

Actions (login required)

View Item View Item