PENGEMBANGAN BUKU SAKU UNTUK KESEHATAN PRIBADI BAGI SISWA KELAS ATAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBERARUM 1 KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG

Inal Raya, M Susilo (2017) PENGEMBANGAN BUKU SAKU UNTUK KESEHATAN PRIBADI BAGI SISWA KELAS ATAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBERARUM 1 KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SEMUA SKRIPSI FINISH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah: (1) mengembangkan buku saku kesehatan pribadi sebagi sumber belajar siswa kelas atas di Sekolah Dasar Negeri Sumberarum 1 Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, (2) mengetahui penilaian kualitas buku saku kesehatan pribadi oleh ahli materi dan media, (3) mengetahui penilaian kualitas produk buku saku kesehatan pribadi oleh siswa kelas atas. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang berorientasi pada produk. Pengembangan buku saku ini melalui tahap mengidentifikasi potensi dan masalah, mengumpulkan data, mendesain dan membuat produk awal, validasi oleh ahli materi dan ahli media. Produk diujicobakan kepada siswa di Sekolah Dasar Negeri Sumberarum 1 Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada siswa. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, serta data kualitatif lainnya. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian dan pengembangan ini dihasilkan sebuah buku saku sumber belajar kesehatan khususnya kesehatan pribadi yang dapat digunakan sebagai sumber belajar oleh siswa Sekolah Dasar kelas atas. Kualitas produk yang dikembangkan menurut penilaian ahli materi ”Sangat Baik” dengan rerata skor 4,73, menurut ahli media ” Baik” dengan rerata skor 4,00. Sedangkan uji coba lapangan persiapan pada buku saku kesehatan pribadi yang diujikan kepada siswa menunjukkan kriteria “ sangat baik” dengan rerata sekor 4,48 dan untuk uji coba lapangan utama pada buku saku kesehatan pribadi yang diujikan kepada siswa menunjukan kriteria “ sangat baik” dengan rerata 4,37. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku saku kesehatan pribadi layak digunakan sebagai sarana sumber belajar siswa dalam pelajaran kesehatan di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Buku Saku,Kesehatan Pribadi, Sumber Belajar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Oct 2017 02:10
Last Modified: 30 Jan 2019 15:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53635

Actions (login required)

View Item View Item