PENGARUH TERAPI LATIHAN MENGGUNAKAN THERABAND DAN MASASE FRIRAGE SAAT PEMULIHAN CEDERA ANKLE PADA PEMAIN BOLA BASKET DI SMA NEGERI 1 SERANG

Al Gifari, Irfan (2017) PENGARUH TERAPI LATIHAN MENGGUNAKAN THERABAND DAN MASASE FRIRAGE SAAT PEMULIHAN CEDERA ANKLE PADA PEMAIN BOLA BASKET DI SMA NEGERI 1 SERANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tindakan pemulihan cedera ankle yang dilakukan oleh pemain bola basket SMA N 1 Serang belum tepat dengan pijat tradisional, karena belum ada perubahan kesembuhan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi latihan menggunakan theraband dan masase frirage terhadap pemulihan cedera ankle pada pemain Bola basket SMA Negeri 1 Serang. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design dengan desain one-group pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah pemain bola basket SMA Negeri 1 Serang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 15 orang. Instrumen penelitan yang digunakan adalah alat pengukur berupa jangka dan busur. Analisis data yang digunakan adalah analisis uji efektivitas dan uji paired t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ROM fleksi meningkat 68,19% mendekati ROM fleksi normal. Selain itu, nilai ROM ekstensi meningkat 86,56% mendekati ROM ekstensi normal. Dapat disimpulkan bahwa terapi latihan menggunakan masase frirage dan theraband memiliki pengaruh yang baik untuk memulihkan cedera ankle.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: terapi latihan,masase frirage, theraband, cedera ankle, bola basket
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Oct 2017 02:10
Last Modified: 30 Jan 2019 15:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53634

Actions (login required)

View Item View Item