IDENTIFIKASI CEDERA LEHER BERDASARKAN TINGKAT USIA PADA PASIEN PUTRI PHYSICAL THERAPY CLINIC FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

WANDANIATRI, ANGGITA ISNABILA (2017) IDENTIFIKASI CEDERA LEHER BERDASARKAN TINGKAT USIA PADA PASIEN PUTRI PHYSICAL THERAPY CLINIC FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Isi, DP, Lamp.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Leher merupakan bagian dari tulang belakang yang berfungsi sebagai penopang kepala, sehingga adanya keluhan pada leher akan memengaruhi aktivitas fisik sehari-hari, bahkan di Amerika Serikat pada tahun 2008 dari 100.000 kasus cedera tulang belakang, 2/3 merupakan kasus cedera leher, maka perlu adanya penanganan cedera leher yang tepat, salah satunya yang diterapkan di Physical Therapy Clinic FIK UNY yaitu dengan menggunakan masase frirage, yang disertai traksi dan reposisi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui pada kelompok usia berapakah yang paling sering mengalami keluhan cedera leher pada pasien putri Physical Therapy Clinic FIK UNY. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien putri Physical Therapy Clinic FIK UNY selama bulan Maret dan April 2015. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu hanya mengambil sampel yang berjenis kelamin perempuan dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil dari penelitian ini yaitu persentase terbanyak sebesar 61,11% pada kelompok responden berusia 25-59 tahun, diikuti kelompok responden usia 18-24 tahun sebanyak 30,56%, dan tersedikit pada kelompok responden usia 60-68 tahun sebanyak 8,33%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Cedera, leher, terapi, masase, putri
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Oct 2017 02:04
Last Modified: 30 Jan 2019 15:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53633

Actions (login required)

View Item View Item