Pengaruh Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar, Sikap Peduli Lingkungan, dan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP

Ma'ruf, Amar (2017) Pengaruh Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar, Sikap Peduli Lingkungan, dan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-amar-ma'ruf- 15708259003.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dalam rangka menguji empiris diperluas SSP IPA berbasis discovery learning hasil penelitian pengembangan yang dilakukan oleh Amelan (2016). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh SSP IPA berbasis discovery learning terhadap: 1) prestasi belajar, sikap peduli lingkungan, dan keterampilan pemecahan masalah siswa secara simultan; 2) prestasi belajar siswa; 3) sikap peduli lingkungan siswa; dan 4) keterampilan pemecahan masalah siswa pada SMP kelas VII di Kecamatan Sape. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan desain pretest-posttest non equivalen control group. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP se-Kecamatan Sape semester I tahun ajaran 2016/2017. Sampel dipilih secara purposive sampling berdasarkan akreditasi sekolah, sehingga ditetapkan tiga sekolah yaitu SMP N 1 Sape (Akreditasi A), SMP N 5 Sape (Akreditasi B), dan MTs Darussakinah Sape (Akreditasi C). Setiap sekolah dipilih dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes. Test terdiri dari tes pilihan ganda untuk mengukur prestasi belajar dan tes esai untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah siswa, sedangkan non tes berupa angket dan lembar observasi digunakan untuk mengukur sikap peduli lingkungan siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian merupakan hasil pengembangan SSP IPA berbasis discovery learning oleh Amelan (2016) yang telah dinyatakan valid secara empiris. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu uji One-way Manova dan uji One-way Anova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 0,05: 1) terdapat pengaruh yang signifikan SSP IPA berbasis discovery learning terhadap prestasi belajar, sikap peduli lingkungan, dan keterampilan pemecahan masalah secara simultan pada siswa SMP di Kecamatan Sape; 2) terdapat pengaruh yang signifikan SSP IPA berbasis discovery learning terhadap prestasi belajar pada siswa SMP di Kecamatan Sape; 3) terdapat pengaruh yang signifikan SSP IPA berbasis discovery learning terhadap sikap peduli lingkungan pada siswa SMP di Kecamatan Sape; dan 4) terdapat pengaruh yang signifikan SSP IPA berbasis discovery learning terhadap keterampilan pemecahan masalah pada siswa SMP di Kecamatan Sape.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SSP IPA, discovery learning, prestasi belajar, sikap peduli lingkungan, keterampilan pemecahan masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Oct 2017 03:22
Last Modified: 09 May 2019 08:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53629

Actions (login required)

View Item View Item