Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Metaphorical Thinking Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Dan Self-efficacy Siswa

Fitriani, Fitriani (2017) Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Metaphorical Thinking Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Dan Self-efficacy Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fitriani-15709251067.swf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika dengan metaphorical thinking ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, dan self-efficacy siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pembelajaran matematika dengan Metaphorical Thinking merupakan pembelajaran matematika dengan enam langkah pembelajaran yaitu grounding (pengaitan/pemisalan), connecting (menghubungkan ide pengalaman/fenomena), compressed conflict (mengidentifikasi masalah), direct analogy (menyampaikan analogi langsung), generating analogy (menggeneralisasi analogi), dan application (aplikasi). Desain penelitian untuk memperoleh data mengenai prestasi belajar matematika, kemampuan pemecahan masalah, dan self-efficacy matematis siswa menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta yang tediri dari 10 kelas dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII C. Faktor dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan Metaphorical Thinking, sedangkan responnya adalah prestasi belajar matematika, kemampuan pemecahan masalah, dan self-efficacy siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal berbentuk pilihan ganda untuk mengukur prestasi belajar matematika, soal berbentuk uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah, dan angket untuk mengukur self-efficacy siswa. Pembelajaran matematika dengan metaphorical thinking dikatakan efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika apabila nilai rata-rata posttest prestasi belajar matematika lebih dari nilai rata-rata pretest dan proporsi siswa yang mencapai nilai minimal 75 lebih dari 76%, pembelajaran matematika dengan metaphorical thinking dikatakan efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan maslalah apabila proporsi siswa yang mencapai kategori minimal tinggi lebih dari 76%, dan pembelajaran matematika dengan metaphorical thinking dikatakan efektif ditinjau dari self-efficacy apabila nilai rata-rata skor angket akhir lebih dari rata-rata skor angket awal dan proporsi siswa yang mencapai kategori minimal tinggi lebih dari 76%. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan Metaphorical Thinking efektif diterapkan di SMP Negeri 15 Yogyakarta

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metaphorical thinking, prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, self-efficacy
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Oct 2017 03:11
Last Modified: 09 May 2019 08:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53628

Actions (login required)

View Item View Item