Wildasari, Kustri (2017) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbuka untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA pada Materi Laju Reaksi. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-kustri-wildasari-15728251029.swf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan metakognitif dan sikap ilmiah peserta didik SMA pada materi laju reaksi antara penerapan model pembelajaran inkuiri terbuka dan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretes-postes kontrol grup. Populasi penelitian ini adalah kelas XI MIA SMA se-Indonesia yang setara. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu kelas XI MIA 1 dan MIA 2 pada SMAN 1 Seyegan yang berjumlah 60 peserta didik. Kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen yaitu pembelajaran laju reaksi kimia menggunakan model pembelajaran inkuiri terbuka, sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran laju reaksi kimia menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian keterampilan metakognitif, angket dan lembar observasi sikap ilmiah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu MANOVA dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan keterampilan metakognitif dan sikap ilmiah peserta didik SMA pada materi laju reaksi antara penerapan model pembelajaran inkuiri terbuka dan model pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran inkuiri terbuka, model pembelajaran langsung, keterampilan metakognitif, sikap ilmiah |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 26 Oct 2017 02:48 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:24 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53624 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |