PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR MELOMPAT DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERMAIN SUNDA MANDA PADA SISWA KELAS V SDN SINDUADI 1 KECAMATAN MLATI, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN 2016

Pamadi, Aditya (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR MELOMPAT DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERMAIN SUNDA MANDA PADA SISWA KELAS V SDN SINDUADI 1 KECAMATAN MLATI, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN 2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Untuk meningkatkan teknik lompat jauh pada siswa SDN Sinduadi 1 Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta tidaklah mudah, karena siswa Sekolah Dasar belum mempunyai otot tungkai yang kuat untuk mendukung kestabilan dan koordinasi gerak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui pendekatan bermain sunda manda dapat meningkatkan gerak dasar melompat pada siswa Kelas V SDN Sinduadi 1, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode eksperimen dengan disain one group pretest-posttest design. Instrumen berupa tes lompat jauh. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa Kelas V SDN Sinduadi 1 yang berjumlah 20 anak. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis penelitian ini menggunaan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai thitung lebih besar daripada ttabel (10,064 > 2,086), maka Ha= diterima dan Ho = ditolak, dengan hasil tersebut dapat disimpulkan ada peningkatan hasil belajar gerak dasar melompat dengan menggunakan pendekatan bermain sunda manda siswa kelas V SDN Sinduadi 1 Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta tahun 2016.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gerak dasar melompat, bermain sunda manda, siswa kelas V
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Oct 2017 02:03
Last Modified: 30 Jan 2019 15:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53619

Actions (login required)

View Item View Item