PENGEMBANGAN INSTRUMEN NON TES BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK PEMETAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA PADA KOMPETENSI KOGNITIF

Nahak Berek, Maria Goreti and Suparwoto, Suparwoto (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN NON TES BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK PEMETAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA PADA KOMPETENSI KOGNITIF. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen non tes berbasis scientific approach untuk pemetaan hasil belajar fisika siswa SMA pada kompetensi kognitif. Penelitian ini merupakan pengembangan memanfaatkan 4-D model yang terdiri dari 4 tahapan utama, pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (dessemination). Pada tahap define, melakukan analisis ujung depan, analisis peserta didik, analisis tugas dan analisis konsep, analisis kurikulum dan tujuan pembelajaran. Pada tahap design melakukan perencanaan pembuatan perangkat pembelajaran, pemilihan format dan rancangan awal. Pada tahap develops, melakukan validasi oleh expert dan uji coba terbatas yang diberikan kepada 10 orang peserta didik dan melakukan uji coba lapangan kepada 63 orang peserta didik. Instrumen penelitian berupa instrumen non tes lembar penilaian diri dan instrumen tes yaitu soal tes. Hasil penelitian menunjukkan instrumen non tes yang dikembangkan layak untuk memetakan kompetensi kognitif peserta didik. Hasil pemetaan kompetensi kognitif peserta didik lembar penilaian diri yang telah di kembangkan pada kelas XI IPA 72,08 dan soal tes 71,08 dan memilliki predikat baik(B). Dengan demikian, dapat diprediksi instrumen non tes dapat memetakan kompetensi kognitif peserta didik kelas XI materi momentum dan Impuls.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: instrumen non tes, scientific approach, kompetensi kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 27 Oct 2017 02:01
Last Modified: 30 Jan 2019 15:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53609

Actions (login required)

View Item View Item