Pengembangan Instrumen Evaluasi Model CIPP Pada Penerapan Penilaian Proyek Pembelajaran IPA Untuk Mengukur Keterampilan Pemecahan Masalah

Asfaroh, Jati Arum (2017) Pengembangan Instrumen Evaluasi Model CIPP Pada Penerapan Penilaian Proyek Pembelajaran IPA Untuk Mengukur Keterampilan Pemecahan Masalah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-jati-arum-asfaroh-15708251003.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan instrumen evaluasi CIPP pada penerapan penilaian proyek pembelajaran IPA untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMP N 1 Galur dan SMP N 1 Sleman materi optik pada mata manusia yang layak ditinjau dari validitas, relibilitas dan kepraktisan; dan 2) mendeskripsikan hasil evaluasi penerapan penilaian proyek pembelajaran IPA untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMP N 1 Galur dan SMP N 1 Sleman materi optik pada mata manusia ditinjau dari aspek context, input, process, dan product. Penelitian ini merupakan Research & Development dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dimodifikasi dengan langkah pengembangan instrumen nontes. Prosedur pengembangan meliputi; 1) tahap define diawali dengan studi pendahuluan berupa wawancara; 2) tahap design meliputi perancangan instrumen evaluasi model CIPP; 3) tahap develop meliputi pengembangan instrumen non tes yaitu telaah instrumen dan merakit instrumen; 4) tahap disseminate dalam penelitian ini dilakukan dengan menyerahkan produk kepada Kepala Sekolah. Desain ujicoba meliputi uji coba terbatas dan uji coba lapangan operasional. Uji coba produk dilakukan di SMPN 1 Galur dan SMPN 1 Sleman pada kelas VIII. Instrumen penilaian proyek yang digunakan merupakan produk pengembangan oleh Vidya Putri Sukmasari (2016). Pengambilan data dan instrumen pengambilan data yang digunakan adalah instrumen nontes berupa lembar: pedoman wawancara, instrumen evaluasi model CIPP, angket respon pengguna/guru terhadap instrumen evaluasi model CIPP. Validitas instrumen penilaian dianalisis dengan formula V Aiken. Reliabilitas dianalisis dengan teknik ICC (Interclass Correlation Coefficient). Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) Instrumen evaluasi model CIPP layak digunakan untuk mengevaluasi penerapan penilaian proyek. Berdasarkan pada koefisien V Aiken 0,86-1 dengan kategori valid dan reliabilitas ICC pada kategori sangat baik dengan koefisien Cronbach’s Alpha bernilai >0,90 pada keempat aspek evaluasi (context, input, process dan product). Kepraktisan instrumen berada di kategori baik pada semua aspek; dan (2) Hasil evaluasi penerapan penilaian proyek dengan dengan menggunakan instrumen evaluasi model CIPP pada semua aspek (context, input proses dan product) memiliki kategori baik sehingga penerapan instrumen penilaian proyek dapat dilanjutkan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi model CIPP, penilaian proyek, keterampilan pemecahan masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2017 04:14
Last Modified: 09 May 2019 08:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53604

Actions (login required)

View Item View Item