Pengembangan Instrumen Evaluasi Model CIPP Pada Penerapan Penilaian Portofolio Pembelajaran IPA untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis

Kurnia, Feni (2017) Pengembangan Instrumen Evaluasi Model CIPP Pada Penerapan Penilaian Portofolio Pembelajaran IPA untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-feni-kurnia-15708251008.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan instrumen evaluasi model CIPP yang layak digunakan untuk mengevaluasi penerapan penilaian portofolio dalam mengukur keterampilan berpikir kritis., 2) mengetahui kepraktisan instrumen evaluasi model CIPP yang dikembangkan, dan 3) mendeskripsikan hasil evaluasi penerapan penilaian portofolio dan memberikan rekomendasi terkait kebijakan penerapan penilaian portofolio berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development menggunakan model pengembangan 4-D yang dipadukan dengan langkah pengembangan instrumen penilaian nontes. Prosedur pengembangan meliputi: 1) Define, yakni studi pendahuluan; 2) Design yakni menentukan spesifikasi instrumen, menulis instrumen, menentukan skala instrumen dan menentukan sistem penskoran; 3) Develop, yang meliputi tahap pengembangan instrumen, dan 4) Disseminate yakni tahap penyebaran instrumen. Desain ujicoba meliputi uji coba terbatas dan uji coba lapangan operasional. Subjek uji coba adalah guru dan peserta didik kelas VIII di SMPN 5 Yogyakarta dan SMPN 1 Galur. Instrumen penilaian portofolio yang digunakan merupakan produk pengembangan oleh Esmiyati (2016). Instrumen pengambilan data meliputi 1) lembar pedoman wawancara, 2) lembar angket yang terdiri dari lembar validasi dan respon guru, dan 3) lembar observasi dan angket pada aspek CIPP yang diukur. Validitas instrumen penilaian dianalisis dengan formula V’aikens. Reliabilitas dianalisis dengan teknik ICC (Interclass Correlation Coefficient). Hasil penelitian ini yaitu: (1) instrumen evaluasi model CIPP yang dihasilkan layak digunakan untuk mengevaluasi penerapan penilaian portofolio pembelajaran IPA. Berdasarkan penilaian ahli dan praktisi diperoleh koefisien V’aiken 0,90-1,00 dengan kategori valid. Reliabilitas penilaian ahli dan praktisi diperoleh pada kategori baik dan sangat baik dengan koefisien Cronbach’s Alpha bernilai >0,80. (2) Kepraktisan instrumen berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata angket 91,67%. (3) Hasil evaluasi keempat aspek CIPP pada penerapan penilaian portofolio termasuk dalam kategori baik sehingga dihasilkan rekomendasi agar penerapan instrumen penilaian portofolio dilanjutkan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrumen evaluasi, model CIPP, penilaian portofolio
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2017 03:43
Last Modified: 09 May 2019 08:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53602

Actions (login required)

View Item View Item