Pengembangan Media Monomat (Monopoli Matematika) untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak TK Kelompok B

Mundiarti, Vanida (2017) Pengembangan Media Monomat (Monopoli Matematika) untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak TK Kelompok B. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-vanida-mundiarti-15717251044.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan dan menghasilkan produk berupa media Monomat (Monopoli Matematika) untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak TK kelompok B, (2) mengetahui kelayakan media Monomat (Monopoli Matematika) bagi anak TK kelompok B dan, (3) mengetahui efektifitas penerapan media Monomat (Monopoli Matematika) terhadap kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model penelitian pengembangan oleh Borg & Gall. Langkah pengembangan pada penelitian dikelompokan dari tiga langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) proses pengembangan, (3) tahap ui coba. Subjek uji coba terbatas adalah 15 orang anak dan dua oang guru kelompok B di Paud Alang-Alang Sekarbela. Subjek uji coba lapangan diperluas adalah 81 orang anak dengan enam guru pada tiga sekolah yaitu, KB-TK Permata Hati Islamic Presschool sebanyak 27 orang anak, TK Semai Harapan sebanyak 24 orang anak, TK Islam Nurul Iman Sekarbela sebanyak 30 orang anak. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar angket, dan lembar observasi. Teknik analisis data untuk mengetahui kesepakatan guru untuk penilaian media menggunakan interater reability dan Paired Sample t Test dengan taraf signifikansi 0,05 untuk menguji efektifitas media. Hasil penelitian menunjukan media Monomat (Monopoli Matematika), ditinjau dari materi dan tampilan menurut ahli expert judgment, termasuk dalam kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penilaian berdasarkan analisis interater reability yang diinterpretasikan pada tabel Kappa, media Monomath (Monopoli Matematika) termasuk ke dalam kategori “sangat baik” dengan “kesepakatan kuat” oleh penilaian seluruh guru. Terdapat perbedaan nilai hasil akhir pembelajaran antara pretest dan posttest setelah menggunakan media Monomath (Monopoli Matematika) dengan p< 0,05 yaitu nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukan bahwa media Monomath (Monopoli Matematika) dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media Monomat (Monopoli Matematika), berhitung permulaan, anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2017 03:18
Last Modified: 09 May 2019 08:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53600

Actions (login required)

View Item View Item