Pengembangan Alat Permainan Edukatif Scrabble untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Anak Kelompok B di TK ABA Karangmalang

Hardianti, Farlina (2017) Pengembangan Alat Permainan Edukatif Scrabble untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Anak Kelompok B di TK ABA Karangmalang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-farlina-hardianti-15717251046.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui alat permainan edukatif scrabble yang layak terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK ABA Karangmalang, dan(2)untuk mengetahui keefektifan alat permainan edukatif scrabble terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK ABA Karangmalang. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah-langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan tersebut disimpulkan menjadi tiga langkah umum, yang meliputi: (1) studi pendahuluan, (2) proses pengembangan, dan (3) uji coba produk. Subjek uji coba lapangan terbatas terdiri dari 18 anak kelompok B TK ABA Karangmalang. Subjek uji coba lapangan lebih luas kelas experimen terdiri dari 34 anak kelompok B TK ABA Karangmalang. Pada uji efektifitas ini tidak ada kelompok kontrol, tetapi menggunakan hasil belajar sebelum diberi perlakuan sebagai pretestnya, dengan desain one group pre-test post-test design. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi, angket penilaian guru, dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan menurut ahli materi dan ahli media berkategori “baik”. Penerapan media pembelajaran secara umum dapat terlaksana dengan kategori “baik”. Terdapat perbedaan hasil akhir antara hasil sebelum diberi perlakuan dengan sesudah diberi perlakuan menggunakan alat permainan edukatif scrabbel dengan p < 0,05 kemudian terjadi peningkatan yang signifikan dengan p = 0,000

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: APE (Alat Permainan Edukatif), Scrabble, Membaca Permulaan
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2017 03:08
Last Modified: 09 May 2019 08:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53599

Actions (login required)

View Item View Item