Faktor-faktor yang Memengaruhi Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Kale, Sartika (2017) Faktor-faktor yang Memengaruhi Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sartika-kale-15717251052.swf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah:(1) memperoleh gambaran variabel status sosial ekonomi orang tua, kompetensi sosial guru, iklim sekolah, dan keterlibatan orang tua murid di taman kanak-kanak se-Kota Kupang,(2) mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap keterlibatan orang tua,(3) mengetahui pengaruh kompetensi sosial guru terhadap keterlibatan orang tua,(4) mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap keterlibatan orang tua,(5) mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua, kompetensi sosial guru, iklim sekolah, terhadap keterlibatan orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian adalah orang tua murid taman kanak-kanak se-Kota Kupang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 636 orang tua dari 9 TK yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) status sosial ekonomi sebagian besar orang tua (43,8%) termasuk kategori rendah, kompetensi sosial guru sebagian besar guru (71,4%) termasuk kategori sangat baik, iklim sekolah sebagian besar sekolah (48,8%) termasuk kategori cukup, dan keterlibatan orang tua sebagian besar orang tua (51,2%) termasuk kategori sedang; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan status sosial ekonomi terhadap keterlibatan orang tua (r: 0,835, p: 0,000); (3) tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi sosial guru terhadap keterlibatan orang tua (r: 0,004, p: 0,984); (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan status sosial ekonomi terhadap keterlibatan orang tua (r: 0,423, p: 0,000); dan (5) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara status sosial ekonomi, kompetensi sosial guru, dan iklim sekolah, terhadap keterlibatan orang tua (r: 0491, p: 0,000). Sumbangan variabel status sosial ekonomi, kompetensi sosial guru, dan iklim sekolah, terhadap keterlibatan orang tua sebesar 22,9%

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterlibatan orang tua, status sosial ekonomi, kompetensi sosial guru, iklim sekolah, dan pendidikan anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2017 03:00
Last Modified: 09 May 2019 08:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53598

Actions (login required)

View Item View Item