PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA TEMA “PENCEMARAN AIR” BERPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA

Khazanah, Rizki Sukintasari (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA TEMA “PENCEMARAN AIR” BERPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKS IPA berpendekatan inkuiri terbimbing yang layak menurut dosen ahli dan guru IPA, (2) mengetahui respon siswa terhadap LKS IPA berpendekatan inkuiri terbimbing, serta (3) mengetahui peningkatan kemampuan problem solving siswa sesudah menggunakan LKS IPA berpendekatan inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah pengembangan, yaitu pengembangan LKS IPA berpendekatan inkuiri terbimbing. Langkah pengembangan pada penelitian ini dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Four D), yaitu: tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi LKS untuk mengetahui kelayakan LKS IPA berpendekatan inkuiri terbimbing yang dikembangkan menurut ahli dan guru IPA yang kemudian dianalisis secara deskriptif serta menindaklanjuti saran/ masukan dari validator, pretes-postes untuk mengetahui peningkatan kemampuan problem solving siswa dianalisis dengan skor gain ternormalisasi, serta lembar observasi dan angket berupa daftar checklist yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) telah dihasilkan LKS IPA berpendekatan inkuiri terbimbing yang layak berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru IPA dengan memperoleh skor rata-rata 3,68 (kriteria sangat baik), (2) respon siswa terhadap LKS IPA berpendekatan inkuiri terbimbing memperoleh skor rata-rata 3,57 (kriteria sangat baik), serta (3) LKS IPA berpendekatan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan problem solving siswa dengan skor gain ternormalisasi 0,53 (kriteria sedang).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: lembar kerja siswa, inkuiri terbimbing, problem solving
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 27 Oct 2017 01:57
Last Modified: 30 Jan 2019 15:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53592

Actions (login required)

View Item View Item