PENGARUH LATIHAN SIT UP, BACK UP DAN FLEXIBILITY TERHADAP PENINGKATAN JAUHNYA HEADING PADA SISWA SSB KKK KU 13 – 15 TAHUN

WAHYONO, RIDHO ADI BAGAS (2017) PENGARUH LATIHAN SIT UP, BACK UP DAN FLEXIBILITY TERHADAP PENINGKATAN JAUHNYA HEADING PADA SISWA SSB KKK KU 13 – 15 TAHUN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi siswa SSB KKK kurang begitu memahami latihan yang dapat meningkatkan kemampuan heading sehingga dalam beberapa pertandingan siswa kurang bisa melakukan heading dengan kuat, untuk meningkatkan jauhnyaheading tersebut pemain harus di beri latihan yang baik dan benar. Tujuan penelitian untuk bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan sit up, back up, dan flexibility terhadap peninggkatan jauhnyaheading siswa SSB KKK KU 13 – 15 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalahpretest dan posttest control group design. Dalam design ini terdapat dua kelompok yaitu kelompokeksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih secara acak, kemudiandiberi pretest untuk mengetahui keadaan awal, adakah perbedaan antarakelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes jauhnyaheading sepakbola. Subjek penelitian ini adalah siswa SSB KKK Klajuran Godean Kelompok Usia 13-15 Tahun sebanyak 20 anak (10 sebagai kelompok ekperimen dan 10 siswa sebagai kelompok kontrol). Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5 %. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasandiperoleh hasil pada kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung 3,913 > t tabel (2,262), dan nilai p (0,004) < dari 0,05, sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai thitung (1,543) < t tabel (2,262), dan nilai p (0,157) > dari 0,05 hal tersebut dapat disimpulkan “ada pengaruh latihan sit up, back up dan flexibility yang positif dan signifikan terhadap peningkatan jauhnyaheading pada siswa SSB KKK Klajuran Godean Kelompok Usia 13 – 15 Tahun”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Latihan Sit Up, Back Up, Dan Flexibility, Jauhnya Heading
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Oct 2017 01:56
Last Modified: 30 Jan 2019 15:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53590

Actions (login required)

View Item View Item