EFEKTIVITAS PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA

Pambudi, Arif and Wiyatmo, Yusman (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika antara peserta didik kelas X SMA yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan metakognitif dan pendekatan konvensional, (2) pendekatan yang lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika diantara pendekatan metakognitif dan pendekatan konvensional pada peserta didik kelas X SMA dalam pembelajaran Gerak Harmonis Sederhana. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA N 4 Magelang. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas X MIPA-1 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA-2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data berupa pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji Independent Sample T-test untuk mengetahui perbedaan pemberian treatment pada kemampuan pemecahan masalah fisika antara kelompok kontrol dan eksperimen serta nilai standar gain untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika antara peserta didik kelas X SMA yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan metakognitif dan pendekatan konvensional. (2) Pendekatan metakognitif lebih efektif dibandingkan pendekatan konvensional dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas X SMA dalam pembelajaran Gerak Harmonis Sederhana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, pendekatan metakognitif, pendekatan konvensional, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 27 Oct 2017 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 15:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53589

Actions (login required)

View Item View Item