Pengembangan LKPD Mobile Learning Berbasis Android dengan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X pada Materi Pembelajaran Perubahan Lingkungan.

Purnamasari, Winda (2017) Pengembangan LKPD Mobile Learning Berbasis Android dengan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X pada Materi Pembelajaran Perubahan Lingkungan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-winda-purnama-sari-15725251020.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) LKPD mobile learning berbasis android dengan PBL yang layak digunakan sebagai bahan ajar materi perubahan lingkungan, (2) keefektifan LKPD mobile learning berbasis android dengan PBL dalam meningkatkan motivasi belajar biologi, dan (3) keefektifan LKPD mobile learning berbasis android dengan PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Design and Development Research dari Peffers. Penelitian ini memiliki enam tahapan yaitu : 1) identify the problem; 2) describe the objectives; 3) design and develop the artifact, 4) test the artifact; 5) evaluate testing result; 6) communicate the testing results. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Playen dan SMA Negeri 1 Semin tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kelayakan LKPD mobile learning berbasis android dengan problem based learning, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket motivsai belajar Biologi, soal kemampuan berpikir kritis, dan lembar observasi penilaian produk daur ulang limbah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) LKPD mobile learning berbasis android dengan PBL layak digunakan untuk topik perubahan lingkungan dilihat dari aspek pembelajaran Biologi (aspek didaktik, konstruksi dan teknis), aspek materi (kelayakan materi dan keakuratan materi, penyajian materi, relevansi fakta dengan konsep, serta kebahasaan), dan aspek media (kualitas tampilan dan bahasa, kemudahan proses instalasi, kemudahan pengoperasian, kehandalan, kualitas ilustrasi (gambar, video atau animasi) dan kemudahan penggunaan) termasuk ke dalam kategori sangat baik, (2) LKPD mobile learning berbasis android dengan PBL efektif untuk meningkatkan motivasi belajar Biologi, dan (3) LKPD mobile learning berbasis android dengan PBL efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi perubahan lingkungan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKPD Mobile Learning, Android, Problem Based Learning, Motivasi Belajar Biologi, Kemampuan Berpikir Kritis, Perubahan Lingkungan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2017 02:21
Last Modified: 09 May 2019 08:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53588

Actions (login required)

View Item View Item