THE EFFECTIVENESS OF METACOGNITIVE APPROACH IN LEARNING PHYSICS REVIEWED FROM CREATIVE THINKING SKILLS OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Yasya Alifia, Monica and Wiyatmo, Yusman (2017) THE EFFECTIVENESS OF METACOGNITIVE APPROACH IN LEARNING PHYSICS REVIEWED FROM CREATIVE THINKING SKILLS OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif ciri aptitude dan sikap kreatif antara peserta didik yang mendapatkan pembelajaran menggunakan pendekatan metakognitif dengan pendekatan konvensional, (2) pendekatan yang lebih efektif antara pendekatan metakognitif dan konvensional dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif ciri aptitude dan sikap kreatif peserta didik pada pembelajaran fisika materi gerak harmonik sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA N 1 Wates. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling dari empat kelas dengan hasil kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 6 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa pretest dan posttest kemampuan berpikir kreatif, serta angket sikap kreatif. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji t untuk data hasil tes kemampuan berpikir kreatif dan Uji Mann-Whitney untuk data sikap kreatif, serta nilai standar gain. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif ciri aptitude dan tidak terdapat perbedaan peningkatan sikap kreatif antara peserta didik yang mendapatkan pembelajaran menggunakan pendekatan metakognitif dan pendekatan konvensional. (2) Pendekatan konvensional lebih efektif dari pendekatan metakognitif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif ciri aptitude peserta didik. Pendekatan metakognitif dan pendekatan konvensional sama pengaruhnya dalam meningkatkan sikap kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendekatan metakognitif, pendekatan konvensional, kemampuan berpikir kreatif, sikap kreatif, gerak harmonik sederhana
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 27 Oct 2017 01:44
Last Modified: 30 Jan 2019 15:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53587

Actions (login required)

View Item View Item