Potensi Likuifaksi Berdasarkan Nilai Ground Shear Strain (GSS) di Kecamatan Prambanan dan Kecamatan Gantiwarno Kabupaten Klaten Jawa Tengah

Yulistiani, Yulistiani and Budi Wibowo, Nugroho (2017) Potensi Likuifaksi Berdasarkan Nilai Ground Shear Strain (GSS) di Kecamatan Prambanan dan Kecamatan Gantiwarno Kabupaten Klaten Jawa Tengah. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
draf FULL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang potensi likuifaksi berdasarkan nilai Ground Shear Strain (GSS) di Kecamatan Prambanan dan Kecamatan Gantiwarno Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai GSS di Kecamatan Prambanan dan Kecamatan Gantiwarno dan mengetahui potensi likuifaksi berdasarkan nilai GSS yang diperoleh. Data mikrotremor diambil di 30 titik pengukuran dengan jarak antar titik 2 km. Data mikrotremor dianalisis dengan menggunakan metode HVSR (Horizontal to Vertical Spectral Ratio) untuk memperoleh nilai amplifikasi predominan dan nilai frekuensi predominan. Data hasil pengolahan mikrotremor digunakan untuk menghitung nilai indeks kerentanan seismik dan nilai percepatan getaran tanah maksimum (PGA). Nilai PGA ditentukan dengan metode Kanai, dengan parameter gempa berasal dari data gempabumi 27 Mei 2006. Nilai indeks kerentanan seismik dan nilai percepatan getaran tanah maksimum digunakan untuk menentukan nilai GSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai GSS di Kecamatan Prambanan dan Kecamatan Gantiwarno berkisar 0,01 ×10-2 – 0,24 ×10-2. Potensi likuifaksi di Kecamatan Prambanan dan Kecamatan Gantiwarno relatif rendah dan hanya terjadi di beberapa titik penelitian di antaranya di Desa Bugisan, Desa Sawit dan Desa Jabung dengan nilai GSS pada masing-masing daerah 0,21 ×10-2, 0,24 ×10-2 dan 0,21 ×10-2.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ground Shear Strain, likuifaksi, mikrotremor
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 27 Oct 2017 01:43
Last Modified: 30 Jan 2019 15:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53582

Actions (login required)

View Item View Item