ELFIRA MIFTAKHUL JANNAH, ELFIRA MIFTAKHUL JANNAH (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 MUNTILAN. S1 thesis, FIS.
|
Text
1. HALAMAN DEPAN (13416244018).pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. TAS BAB 1 (13416244018).pdf Download (313kB) | Preview |
|
Text
3. TAS BAB 2 (13416244018).pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
||
|
Text
4. TAS BAB 3 (13416244018).pdf Download (457kB) | Preview |
|
Text
5. TAS BAB 4 (13416244018).pdf Restricted to Registered users only Download (818kB) |
||
|
Text
6. TAS BAB 5 (13416244018).pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
7. RINGKASAN SKRIPSI (531342131).pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
8. E-JURNAL (13416244018).pdf Download (627kB) | Preview |
Abstract
Kurikulum merupakan komponen dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Kurikulum 2013 dikembangkan secara dinamis untuk menjawab tantangan dan mengikuti perkembangan yang ada. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menjelaskan implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran IPS tema kemerdekaan sebagai modal pembangunan (2) hambatan Kurikulum 2013 pada pembelajaran IPS tema kemerdekaan sebagai modal pembangunan di SMP Negeri 1 Muntilan, (3) upaya mengatasi hambatan Kurikulum 2013 pada pembelajaran IPS tema kemerdekaan sebagai modal pembangunan di SMP Negeri 1 Muntilan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru mata pelajaran IPS sebanyak 2 orang, dan siswa kelas VIII sebanyak 3 orang. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi, hambatan dan upaya dalam Kurikulum 2013 pada pembeajaran IPS tema kemerdekaan sebagai modal pembangunan yaitu sebagai berikut: (1) perencanaan pembelajaran yang dilakukan dengan menyusun RPP, media dan sumber belajar. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan Scientifiec dengan metode cooperative learning. Penilaian pembelajaran dilakukan pada tiga kompetensi yaitu sikap, pengetahuan dan ketrampilan. (2) hambatan yang ditemui terkait dengan alokasi waktu, penguasaan model dan media pembelajaran, keaktifan peserta didik, cakupan materi dan kompetensi guru dalam penilaian ketrampilan (3) upaya mengatasi hambatan dengan melakukan kerja sama antar guru, kepala sekolah dan kelompok MGMP untuk meningkatkan kompetensi guru baik pada aspek perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran, memberikan stimulus kepada siswa agar terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada aktivitas menanya, mengembangkan rubrik penilaian untuk mempermudah penilaian ketrampilan. Kata kunci: pembelajaran IPS, implementasi kurikulum 2013, hambatan, dan upaya
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 25 Oct 2017 01:34 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53580 |
Actions (login required)
View Item |