EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GRUP SOSIAL MEDIA WHATSAPP SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENANGANAN PERTAMA CEDERA MUSKULOSKELETAL PADA PELATIH SEPAKBOLA

Wibisono, Bagus Kurnia (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GRUP SOSIAL MEDIA WHATSAPP SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENANGANAN PERTAMA CEDERA MUSKULOSKELETAL PADA PELATIH SEPAKBOLA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir Skripsi Bagus.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penanganan pertama cedera muskuloskeletal perlu diketahui dan dikuasai pelatih. Whatsapp media populer saat ini dapat digunakan untuk berbagi informasi. Penggunaan whatsapp dinilai mampu memberi edukasi penanganan pertama cedera muskuloskeletal untuk pelatih. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui efektivitas penggunaan grup media sosial whatsapp sebagai media edukasi penanganan pertama cedera muskuloskeletal pada pelatih. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan satu grup eksperimen. Subjek penelitian ini 20 pelatih sepakbola yang telah mendapat lisensi kepelatihan D Nasional di Yogyakarta. Subjek mendapat intervensi berupa video edukasi tentang penanganan pertama cedera muskuloskeletal. Pre dan post tes diberikan kepada subjek untuk melihat perubahan pengetahuan mengenai penanganan pertama cedera muskuloskeletal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji-t berpasangan dengan p = ≤ 0,05. Uji-t berpasangan dilakukan pada kedua kelompok dengan hasil p = 0,00. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai atau skor yang diperoleh oleh responden sebelum intervensi adalah 6,5 ± 1,77 dari total nilai 10 dan hasil nilai atau skor yang diperoleh responden sesudah intervensi video adalah 7,4 ± 0,74 dari total nilai 10. Uji statistik menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah intervensi (p ≤ 0,05). Sehingga disimpulkan bahwa grup sosial media whatsapp dapat digunakan sebagai media edukasi penanganan pertama cedera muskuloskeletal pada pelatih sepakbola.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Whatsapp, pelatih, sepakbola, penanganan pertama, cedera olahraga
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Oct 2017 01:31
Last Modified: 25 Oct 2017 01:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53575

Actions (login required)

View Item View Item