Nurmalita Fajarini, Nurmalita Fajarini (2017) Pemanfaatan Perpustakaan Asmaina Terhadap Minat Baca Anak Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Dusun Plumbon Tengah, Mororejo, Tempel, Sleman. S1 thesis, FIS.
|
Text
1.HALAMAN DEPAN 13416244007.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
2.BAB I TAS 13416244007.pdf Download (166kB) | Preview |
|
Text
3.BAB II TAS 13416244007.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
||
|
Text
4.BAB III TAS 1341624007.pdf Download (168kB) | Preview |
|
Text
5.BAB IV TAS 13416244007.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) |
||
|
Text
6.BAB V TAS 13416244007.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
7.RINGKASAN SKRIPSI 13416244007.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
8.E-JOURNAL 13416244007.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengelolaan perpustakaan Asmaina; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca anak; dan (3) upaya yang dilakukan oleh pengelola perpustakaan dalam meningkatkan minat baca masyarakat khususnya anak pada jenjang pendidikan dasar menengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan jumlah 9 informan yaitu kepala dukuh, 4 orang pengelola perpustakaan dan 4 orang pengunjung perpustakaan. Pemilihan informan menggunakan teknik sampling yaitu purposive sampling. Lokasi pengambilan data dalam penelitian ini di Dusun Plumbon Tengah, Mororejo, Tempel, Sleman dan dilaksanakan mulai dari bulan November 2016 sampai bulan Oktober 2017. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Triangular pada penelitian ini adalah kepala dukuh. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengelolaan perpustakaan Asmaina telah memenuhi standar nasional perpustakaan meliputi standar pengelolaan koleksi, standar pengelolaan layanan, standar pengelolaan sarana dan prasarana, standar pengelolaan tenaga dan standar penyelenggaraan perpustakaan; (2) faktor pendorong yang mempengaruhi minat baca adalah adanya komputer, dan buku-buku yang menarik, sedangkan faktor yang menghambat adalah gadget, keterbatasan pengelola, pembaharuan koleksi yang belum maksimal, adanya perpustakaan lain, dan kurangnya perhatian pemerintah desa; (3) upaya yang dilakukan adalah mempromosikan perpustakaan dengan menjadikan perpustakaan sebagai pusat kegiatan masyarakat, mengikuti pameran potensi daerah, membuka gerbang perpustakaan setiap hari dan meletakaan kunci di tempat yang sudah diketahui, adapun rencana yang akan dilakukan adalah menyelenggarakan seminar pematangan mental dan sosialisasi pemanfaatan gadget, melakukan kerjasama dengan instansi di sekitar, membuat radio desa, dan menerapkan jam belajar masyarakat. Kata kunci: Perpustakaan desa, pendidikan dasar dan menengah, minat baca.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 25 Oct 2017 00:53 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53574 |
Actions (login required)
View Item |