TINGKAT KEBUGARAN KARDIORESPIRASI ATLET CABANG OLAHRAGA DRUM BAND KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2017

Pinto Hutomo, Bernadus (2017) TINGKAT KEBUGARAN KARDIORESPIRASI ATLET CABANG OLAHRAGA DRUM BAND KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Bernadus Pinto Hutomo_13601244011.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tingginya tingkat kebugaran kardiorespirasi pada atlet cabang olahraga drum band tahun 2017 Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survei. Populasi penelitian adalah atlet cabang olahraga drum band Kabupaten Sleman sebanyak 24 atlet yang terdiri dari 12 atlet putra dan 12 atlet putri. Sampel penelitian menggunakan teknik total sampling, dimana anggota sampel adalah seluruh populasi dari atlet drum band Kabupaten Sleman yang akan mengikuti PORDA 2017. Sehingga didapatkan sampel sebanyak 24 atlet. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan adalah tes lari 2,4 km oleh Cooper kemudian diolah dengan mengelompokan kedalam kategori dan mencari prosentase data tersebut. Hasil penelitian tes kebugaran kardiorespirasi 2,4 km menunjukkan tingkat kebugaran kardiorespirasi yang tinggi pada atlet cabang olahraga drum band Kabupaten Sleman. Dari 24 atlet yang terdiri dari 12 putra dan 12 putri didapatkan hasil bahwa sebanyak 16,7% atlet memiliki tingkat kebugaran jasmani “sedang”. Sedangkan sebanyak 50% atlet berada pada kategori “baik”. Kemudian sejumlah 33,33% pada kategori “baik sekali”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kebugaran kardiorespirasi, atlet drum band.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Oct 2017 01:30
Last Modified: 30 Jan 2019 15:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53566

Actions (login required)

View Item View Item