Yasdin, Yasdin (2017) Analisis Politik Pendidikan Kejuruan di Provinsi Sulawesi Selatan. Disertasi. S3 thesis, UNY.
Text
disertasi-yasdin-13702261011.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan: (a) profil politik pendidikan kejuruan di Provinsi Sulawesi Selatan, (b) analisis aktor-aktor politik pendidikan kejuruan di Provinsi Sulawesi Selatan dan kepentingannya, (c) konversi kepentingan aktor-aktor politik pendidikan kejuruan Provinsi Sulawesi Selatan, dan (d) strategi perbaikan politik pendidikan kejuruan di Provinsi Sulawesi Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode grounded theory. Subjek penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling dari tempat penelitian yang meliputi DPRD, Dinas Pendidikan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Biro Askesra, BKD, Bappeda, LSM bidang pendidikan dan Kadinda, perusahaan-perusahaan, asosiasi profesi, Dewan Pendidikan dan sekolah serta media massa. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis data kualitatif menurut Creswell (2014) yang meliputi, mengolah dan mempersiapkan data, membaca dan mempersiapkan keseluruhan data, menganalisis dan mengkoding, mendeskripsikan, menunjukkan deskripsi, dan menginterpretasi. Penelitian ini menunjukkan temuan: (1) profil politik pendidikan kejuruan di Provinsi Sulawesi Selatan diarahkan pada pengembangan kompetensi keahlian berbasis keunggulan lokal yang dihadapkan pada lemahnya kualitas sumber daya manusia,infrastruktur, dan anggaran; (2) aktor-aktor politik pendidikan kejuruan Provinsi Sulawesi Selatan terdiri dari kelompok pendukung, mediator, dan kelompok penuntut (penekan); (3) konversi kepentingan aktor-aktor berpotensi mengakibatkan konflik yang bersifat tertutup dan komunikasi politik antaraktor terbatas; dan (4) strategi perbaikan politik pendidikan kejuruan di Provinsi Sulawesi Selatan harus dimulai dengan melibatkan seluruh kelompok kepentingan dan harus dimulai dari yang didukung dengan political will, politik anggaran, komunikasi intensif, dan ruang yang memadai antaraktor
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis, politik, pendidikan kejuruan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 24 Oct 2017 02:40 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 03:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53562 |
Actions (login required)
View Item |