Pengembangan Rubrik Penilaian Unjuk Kerja Kompetensi Akuntansi Berbasis Web pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Bidang Keahlian Bisnis Manajemen

Suwarno, Suwarno (2017) Pengembangan Rubrik Penilaian Unjuk Kerja Kompetensi Akuntansi Berbasis Web pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Bidang Keahlian Bisnis Manajemen. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-suwarno-09701261008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rubrik penilaian unjuk kerja kompetensi akuntansi berbasis web pada siswa sekolah menengah kejuruan bidang keahlian Bisnis Manajemen yang valid dan reliabel. Prosedur pengembangan yang dilaksanakan pada proses pengembangan rubrik penilaian unjuk kerja kompetensi akuntansi siswa berbasis web secara garis besar dibagi menjadi dua pengembangan, pertama pengembangan rubrik dan kedua adalah pengembangan web. Berdasarkan sepuluh langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall, model ini mengambil bagian-bagian yang bersesuaian dengan pengembangan rubrik penilaian unjuk kerja akuntansi. Karena itulah peneliti menyederhanakan langkah-langkah tersebut menjadi prosedur pengembangan rubrik penilaian unjuk kerja akuntansi. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian pengembangan ini melalui empat tahap yaitu: (1) tahap awal; (2) tahap desain; (3) tahap ujicoba dan revisi; dan (4) tahap implementasi. Subjek penelitian adalah guru di program keahlian Akuntansi SMK Bisnis dan Manajemen dipilih 12 (dua belas) guru (rater) yang berasal dari 6 (enam) sekolah, 3 sekolah negeri dan 3 sekolah swasta, masing-masing sekolah terdiri atas 2 (dua) rater. Semua guru (rater) yang dijadikan sebagai subjek penelitian diberi penjelasan oleh peneliti tentang penggunaan rubrik penilaian. Teknik Analisis Data untuk Validitas isi ditentukan menggunakan kesepakatan ahli. Untuk mengetahui kesepakatan ini, digunakan indeks validitas, dengan indeks yang diusulkan oleh Aiken. Sedangkan Reliabilitas menggunakan koefisien korelasi antar kelas (Intraclass Correlation Coefficient) (ICC). Hasil Penelitian adalah Rubrik penilaian unjuk kerja kompetensi akuntansi meliputi Standar Kompetensi Mengelola Administrasi Kas Kecil, Mengelola Administrasi Kas Bank, Mengelola Kartu Piutang, Mengelola Kartu Utang dan Mengelola Kartu Persediaan Barang Dagangan. Validitas rubrik penilaian unjuk kerja kompetensi akuntansi siswa berbasis Web yang dikembangkan dianalisis memakai V=Aiken, karena hasil hitung di atas tabel dapat disimpulkan bahwa rubrik yang dikembangkan memenuhi validitas isi. Reliabilitas Rubrik Penilaian Unjuk Kerja akuntansi berbasis web jika diestimasi dengan menggunakan Koefisien Alpha menghasilkan reliabilitas digolongan istimewa (excellent). Apabila dilihat dari hasil analisis dengan ICC: maka rubrik yang dikembangkan dapat disimpulkan reliabel dan memiliki stabilitas yang tinggi

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Pengemabangan, Rubrik, Berbasis Web
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Oct 2017 02:31
Last Modified: 20 Jun 2022 03:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53560

Actions (login required)

View Item View Item