Dinamika Paradigma Human Capital dan Human Development dalam Pendidikan (Studi kasus tentang praksis pendidikan pada lembaga persekolahan swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta).

Prabowo, Mulyo (2017) Dinamika Paradigma Human Capital dan Human Development dalam Pendidikan (Studi kasus tentang praksis pendidikan pada lembaga persekolahan swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta). S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-mulyo prabowo-09703261001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam tentang paradigma human capital dan human development pada lembaga pendidikan persekolahan, sekaligus juga menganalisis tentang praksis pendidikan sekolah di bawah naungan lembaga persekolahan swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif naturalistik dengan memilih studi kasus, dianalisis dengan pendekatan induktif-refleksif dalam perspektif historis-filosofis. Penelitian ini dilakukan di dua lembaga persekolahan swasta, yaitu Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa, dengan SD Taman Muda Ibu Pawiyatan sebagai unit sekolah di bawah naungannya , dan Yayasan Pendidikan Kristen BOPKRI, dengan SD BOPKRI Gondolayu Yogyakarta sebagai unit sekolah di bawah naungannya. Subyek penelitian ini adalah pengurus lembaga/yayasan pendidikan swasta, kepala sekolah, guru kelas, dan orang tua/wali siswa. Obyek penelitian ini adalah perpektif human development pada lembaga/yayasan persekolahan swasta dan praksis pendidikan sekolah di bawah naungan lembaga/pendidikan swasta tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis induktif-refleksif data dari lapangan, antara lain data hasil catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara dikelompokkan secara kategorial. Hasil penelitian ini adalah: 1) Praksis pendidikan dalam perspektif human development dapat dilihat dari tiga hal meliputi aspek normatif, kurikulum, dan proses pembelajaran.Karakteristik lembaga persekolahan swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta sangat unik, lembaga persekolahan yang sejak awal berdirinya mempunyai filosofi dan ideologi dalam perspektif human development sulit mengimplementasikan ke sekolah-sekolah di bawah naungannya, karena pengaruh kebijakan negara yang besar. Sementara lembaga persekolahan swasta yang pada awalnya masih menganut filsafat positivistik dan primordialistik dalam penyelenggaraan persekolahannya, mulai berinovasi mengubah AD/ ART-nya secara lebih inklusif; 2) Praksis pendidikan sekolah-sekolah dari lembaga pendidikan swasta mulai bertransformasi dari pembelajaran yang behavioristik-positivistik ke pembelajaran yang konstruktivistik. Hal ini tampak dari meningkatnya sarana dan prasarana sekolah, fasilitas kelas, pola hubungan antara guru, setting kelas, media pembelajaran dan evaluasi pembelajarannya. Model pembelajarannya lebih konstruktivistik dan kolaboratif; 3) Ada perbedaan praksis pendidikan yang berperspektif human development antara lembaga persekolahan swasta yang berbasis nasional kebangsaan dengan yang berbasis agama.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: human capital, human development, praksis pendidikan , dan sekolah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2017 01:28
Last Modified: 28 May 2021 06:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53555

Actions (login required)

View Item View Item