Faktor Determinan Integrasi Nilai-Nilai Anti Korupsi dalam Pembelajaran Akuntansi Sebagai Pengembangan Karakter Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Siswanto, Siswanto (2017) Faktor Determinan Integrasi Nilai-Nilai Anti Korupsi dalam Pembelajaran Akuntansi Sebagai Pengembangan Karakter Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-siswanto-13703261018.swf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan : (1) Faktor Kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kompetensi Guru, Persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dan Persepsi guru terhadap kultur sekolah dalam mengintegrasikan nilai-nilai anti korupsi sebagai pengembangan karakter siswa.; (2) Pengaruh berbagai faktor terhadap kualitas pembelajaran Akuntansi yang mengintegrasikan nilai-nilai anti korupsi, dan ; (3) faktor yang paling berpengaruh terhadap pembelajaran Akuntansi yang mengintegrasikan nilai-nilai anti korupsi. Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian expost facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimen. Populasi dalam Penelitian ini adalah 279 Guru Akuntansi SMK Bisnis dan Manajemen di Daerah Istimewa Yogyakarta yang terdistribusi pada 59 SMK. Sampel penelitian diambil 165 guru dan 200 siswa diambil dengan proposional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket (kuesioner), lembar observasi dan dokumentasi. Validitas isi (content validity) untuk kuesioner, lembar observasi dan lembar telaah RPP dilakukan dengan expert judgement dan formula Aiken’s V. Validasi konstruk kuesioner dilakukan dengan analisis Exploratory factor analysis (EFA) dilanjutkan Confirmatory factor analysis (CFA), reliabilitas kuesioner diestimasi dengan formula Alpha Cronbach dan lembar observasi dengan Intra Class Correlation (ICC). Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk menjelaskan rata-rata skor kualitas Pembelajaran dan statistik inferensial dengan SEM untuk menguji hipotesis. Uji kecocokan model dengan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program LISREL 8.80. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Sejumlah 46,67% Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) telah mengitegrasikan nilai-nilai anti korupsi dengan baik, 26,67% siswa memberi penilaian sangat baik pada kompetensi guru , 50,91% guru memiliki persepsi baik terhadap kepemimpinan kepala sekolah, 50,30% guru memiliki persepsi baik terhadap kultur sekolah; (2) Ada pengaruh yang signifikan dari berbagai faktor terhadap pembelajaran Akuntansi yang mengintegrasikan nilai-nilai anti korupsi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan adanya: a) Pengaruh positif dan signifikan Kualitas Perencanaan Pembelajaran Akuntansi terhadap Pembelajaran Akuntansi; b) Pengaruh positif dan signifikan Kompetensi Guru terhadap Pembelajaran Akuntansi; c) Pengaruh negatif dan signifikan Persepsi Guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah pada Pembelajaran Akuntansi; d) Pengaruh negatif dan signifikan Persepsi Guru terhadap Kultur Sekolah pada Pembelajaran Akuntansi; (3) Kualitas Rencana Pembelajaran adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap kualitas Pembelajaran Akuntansi dengan koefisien jalur 0,39

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Integrasi nilai-nilai anti korupsi, Pembelajaran Akuntansi, Pengembangan karakter siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Oct 2017 02:00
Last Modified: 28 May 2021 06:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53554

Actions (login required)

View Item View Item