Nilai-nilai Ketokohan Soedirman dan Sumbangannya terhadap Bidang Pendidikan: Sebuah Studi Historis.

Sardiman, AM and Sudrajat, Ajat (2017) Nilai-nilai Ketokohan Soedirman dan Sumbangannya terhadap Bidang Pendidikan: Sebuah Studi Historis. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-sardiman am-13703261027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkapkan latar belakang kehidupan dan peran ketokohan Soedirman. Juga untuk menganalisis alasan perlunya menggali, kemudian menelaah dan mengaktualisasikan nilai-nilai ketokohan Soedirman yang dapat memberikan sumbangan terhadap pelaksanaan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-historis. Objek penelitian ini adalah jejak-jejak sejarah ketokohan Soedirman yang berisi informasi tentang ekspresi peran ketokohan Soedirman. Ekspresi peran ketokohan itu dianalisis untuk merumuskan nilai-nilai ketokohan Soedirman. Selanjutnya nilai-nilai itu ditelaah secara mendalam untuk memberi gambaran nilai-nilai ketokohan Soedirman yang esensial, fundamental, dan komprehensif yang dapat memberikan sumbangan terhadap pelaksanaan pendidikan di Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan keagamaan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Mengenal asal-usul Soedirman ternyata sampai sekarang masih ada perbedaan antara pihak keluarga (terutama H.M. Teguh Soedirman), Soedirman adalah putera dari R. Tjokrosoenarjo (seorang priayi), sedang menurut kajian akademis Soedirman dikenal sebagai keturunan wong cilik (Karsid dan Sijem), kemudian dibesarkan di lingkungan keluarga R. Tjokrosoenarjo. (2) Soedirman senantiasa tampil sebagai tokoh di lingkungannya. Ia sukses sebagai tokoh HW, Pemuda Muhammadiyah dan juru dakwah di Cilacap dan Banyumas. Ia juga berhasil membina pendidikan HIS Muhammadiyah di Cilacap saat menjadi guru dan kepala sekolah. (3). Di bidang militer diawali saat Soedirman menjadi komandan Peta. Ia juga sukses saat memimpin BKR-TKR, yang kemudian mengantarkan pada posisi sebagai panglima besar. Puncak kesuksesan Soedirman sebagai tokoh nasional saat ia berhasil memimpin perang gerilya. (4) Dari ekspresi dan perjalanan ketokohan Soedirman itu dapat dirumuskan nilai-nilai ketokohan Soedirman. yakni: nilai keimanan dan ketakwaan; kasih sayang dan empati; semangat kebangsaan, persatuan, dan rela berkorban; demokrasi dan musyawarah; kesederhanaan, disiplin, dan kerja keras. Nilai-nilai ini perlu digali mengingat kondisi kehidupan berbangsa yang sedang terjadi krisis keteladanan dan problem nilai-nilai kepribadian bangsa, sehingga nilai-nilai itu dapat diaktualisasikan untuk memberikan sumbangan terhadap pelaksanaan pendidikan, baik secara umum maupun secara khusus di sekolah

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai ketokohan, Soedirman, pendidikan
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Oct 2017 01:52
Last Modified: 28 May 2021 06:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53553

Actions (login required)

View Item View Item