Pengembangan Model Blended Learning dengan Pendekatan Cooperative Mata Kuliah Ilmu Lingkungan pada Program Studi S1 Pendidikan Biologi

Fahmi, Galuh Alif (2017) Pengembangan Model Blended Learning dengan Pendekatan Cooperative Mata Kuliah Ilmu Lingkungan pada Program Studi S1 Pendidikan Biologi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-galuh-alif-fahmi-15707251031.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model blended learning dengan pendekatan cooperative mata kuliah Ilmu Lingkungan yang berkualitas sebagai model pembelajaran bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP UAD. Nilai kualitas diketahui melalui penilaian desain model pembelajaran, materi pelajaran, media e-learning, tanggapan mahasiswa, dan efektivitas terhadap pembelajaran. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi tahapan dan langkah pengembangan dari model Desain and Development Research (DDR). Tahap penelitian ini dilaksanakan melalui tahap identifikasi masalah, mendeskripsikan tujuan, desain dan pengembangan produk, tes dan evaluasi model, dan penyampaian hasil tes. Pengumpulan data didapatkan dari validasi internal dan validsi ekternal. Validasi internal oleh ahli desain model pembelajaran, ahli materi, ahli media e-learning. Validasi eksternal dari mahasiswa berupa tanggapan terhadap implementasi pengembangan model pembelajaran, serta data eksperimen pra tes dan pos tes. Jumlah responden terdiri dari dua ahli desain model pembelajaran, dua ahli materi pelajaran Ilmu Lingkungan, satu ahli media e-learning, dan 30 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model blended learning dengan pendekatan cooperative mata kuliah Ilmu Lingkungan yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas dari penilaian ahli desain model pembelajaran, ahli materi pelajaran, ahli media e-learning, tanggapan mahasiswa, dan hasil eksperimen pra tes - pos tes. Hasil penilaian ahli desain model pembelajaran, ahli materi pelajaran, dan tanggapan mahasiswa masuk dalam kategori kualitas sangat baik, dan ahli media e-learning masuk dalam kategori kualitas baik. Model pembelajaran yang dikembangkan terbukti memiliki efektivitas dalam pembelajaran berdasarkan perbedaan rerata nila pra tes dan pos tes dalam kelas uji coba dengan perbandingan nilai gain hasil belajar menunjukkan perbedaan yang signifikan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, blended learning, cooperative, Ilmu Lingkungan
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Oct 2017 01:33
Last Modified: 09 May 2019 08:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53550

Actions (login required)

View Item View Item