Pengaruh Model Induktif Kata Bergambar (MIKB) terhadap Keterampilan Membaca Nyaring dan Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas II SD GMIT Manumuti Kabupaten Kupang

Riwu, Novi Andriana (2017) Pengaruh Model Induktif Kata Bergambar (MIKB) terhadap Keterampilan Membaca Nyaring dan Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas II SD GMIT Manumuti Kabupaten Kupang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-novi-adriana-riwu-15712259027.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji perbedaan pengaruh MIKB terhadap keterampilan membaca nyaring pada siswa, (2) menguji perbedaan pengaruh MIKB terhadap keterampilan menulis deskripsi pada siswa, dan (3) menguji perbedaan pengaruh MIKB terhadap keterampilan membaca nyaring dan menulis deskripsi pada siswa secara bersama-sama. Penelitian ini merupakan penelitian quasi exsperiment dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD GMIT Manumuti Kabupaten Kupang sebanyak empat kelas. Sampel penelitian yang ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, hasil yang didapat adalah siswa kelas IIA sebagai kelas eksperimen I jumlah siswa 25, siswa kelas IIB sebagai kelas eksperimen II jumlah siswa 25 dan kelas IID sebagai kelas kontrol jumlah siswa 25. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian tes unjuk kerja keterampilan membaca nyaring dan keterampilan menulis deskripsi. Instrumen lembar penilaian divalidasi dengan teknik expert judgment dan validitas isinya dihitung formula Aiken’s V, sedangkan reliabilitas diestimasi dengan intraclass correlation coefficient. Skor keterampilan membaca nyaring dan keterampilan menulis deskripsi dinilai oleh dua orang penilai (rater). Teknik analisis data yang digunakan yaitu independent sample t-tes dan multivariate analysis of variance dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan membaca nyaring pada siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan MIKB dengan nilai thitung= -6,567 dengan Sig. = 0,000 < 0,05, (2) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan keterampilan menulis deskripsi pada siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan MIKB dengan nilai thitung= -5,967 dengan Sig. = 0,000 < 0,05, dan (3) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan MIKB terhadap keterampilan membaca nyaring dan keterampilan menulis deskripsi dengan Fhitung = 12.365,065 dengan Sig. = 0,000 < 0,05. Analisis lebih lanjut menunjukan bahwa MIKB lebih berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi dengan nilai rerata 77,84 dibandingkan dengan keterampilan membaca nyaring dengan rerata nilai nilai 72,10

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model Induktif Kata Bergambar (MIKB), Membaca nyaring, Menulis deskripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Oct 2017 01:14
Last Modified: 09 May 2019 08:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53549

Actions (login required)

View Item View Item