Pemberdayaan Perempuan Pengrajin Tenun Suku Sasak (studi kasus di desa Batujai, Lombok Tengah)

Astuti, Nida Rani (2017) Pemberdayaan Perempuan Pengrajin Tenun Suku Sasak (studi kasus di desa Batujai, Lombok Tengah). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nida-rani-astuti-15704251003.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui pelaksanaan dan hasil program pemberdayaan perempuan pengrajin tenun di desa Batujai, dan (2) menemukan faktor pendukung dan penghambat program pemberdayaan perempuan melalui Koperasi Wanita Stagen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah para perempuan desa Batujai sebagai warga belajar serta penyelenggara program. Instrumen penelitian adalah penelti yang dibantu pedoman wawancara, pedoman dokumentasi, dan pedoman observasi. Teknik analisa data menggunakan tiga tahap yakni reduksi data, display dan penarikan kesimpulan. Pengesahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) pelaksanaan program pemberdayaan dilakukan berbasis kebutuhan dengan mengangkat kebudayaan suku Sasak, 2) Hasil program tak hanya berupa kerajinan tenun, namun juga mengandung prinsip – prinsip pemberdayaan perempuan seperti memotivasi belajar, meningkatkan pendapatan serta menumbuhkan kembali nilai, budaya dan kearifan lokal, dan 3) kebijakan pemerintah daerah bagi pegawai pemerintahan menggunakan seragam tenun dihari Kamis menjadi faktor pendukung peemberdayaan, walaupun keterbatasan fasilitas yang tersedia menghambat pemberdayaan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kebudayaan, koperasi, pemberdayaan perempuan, prinsip pemberdayaan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Oct 2017 01:07
Last Modified: 09 May 2019 08:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53547

Actions (login required)

View Item View Item