PENGARUH PENDEKATAN DEDUKTIF DAN PENDEKATAN INDUKTIF DALAM KERJA LABORATORIUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP ILMIAH SISWA SMA NEGERI 1 CANGKRINGAN KELAS X PADA MATERI HUKUM MELDE

Paulina, Paulina and Wiyatmo, Yusman (2017) PENGARUH PENDEKATAN DEDUKTIF DAN PENDEKATAN INDUKTIF DALAM KERJA LABORATORIUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP ILMIAH SISWA SMA NEGERI 1 CANGKRINGAN KELAS X PADA MATERI HUKUM MELDE. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_PAULINA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui(1). Pengaruh pendekatan deduktif dan induktif dalam kerja laboratorium ditinjau melalui keterampilan proses dan sikap ilmiah siswa(2). Pengaruh kerja laboratorium melalui pendekatan deduktif dan induktif ditinjau melalui keterampilan proses siswa (3). Pengaruh kerja laboratorium melalui pendekatan deduktif dan induktif ditinjau melalui sikap ilmiah siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 siswa dari dua kelas ,yaitu kelas XA dan kelas XB. Kelas XB sebagai kelas eksperimen I dan kelas XA sebagai kelas eksperimen II, kedua kelas eksperimen diberi perlakuan yang berbeda, yaitu kelas eksperimen I diberi perlakuan kerja laboratorium dengan menggunakan pendekatan deduktif dan kelas eksperimen II diberi perlakuan kerja laboratorium dengan menggunakan pendekatan induktif. Teknik pengambilan data keterampilan proses siswa diambil menggunakan lembar observasi. Lembar kerja observasi diisi oleh observer, masing-masing kelompok diamati oleh observer. Data sikap ilmiah siswa diambil menggunakan angket. Angket diberikan pada tahap akhir setelah pembelajaran selesai dilakukan. Masing-masing kelas diberi angket yang sama. Data penelitian dianalisis dengan uji statistik dengan multivariate test dan univariate test, sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis yaitu, uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Adanya pengaruh positif pendekatan deduktif dan induktif dalam kerja laboratorium terhadap keterampilan proses dan sikap ilmiah siswa kelas SMA Negeri 1 Cangkringan (2) Adanya pengaruh positif pendekatan deduktif dan induktif dalam kerja laboratorium terhadap keterampilan proses siswa kelas X SMA Negeri 1 Cangkringan (3) Adanya pengaruh positif pendekatan deduktif dan induktif dalam kerja laboratorium terhadap sikap ilmiah siswa kelas X SMA Negeri 1 Cangkringan telah di uji dengan uji statistik dengan Multivariate dan Univariate.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan deduktif dan induktif, kerja laboratorium,kelas X
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 25 Oct 2017 01:25
Last Modified: 30 Jan 2019 15:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53541

Actions (login required)

View Item View Item