METODE PERMAINAN SENSORIMOTOR UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK DENGAN HAMBATAN KECERDASAN KATEGORI SEDANG KELAS I DI SLB N 1 SLEMAN

Indra, Setyaningsih (2017) METODE PERMAINAN SENSORIMOTOR UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK DENGAN HAMBATAN KECERDASAN KATEGORI SEDANG KELAS I DI SLB N 1 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Indra Setyaningsih_13103241065.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode permainan sensorimotor untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak dengan hambatan kecerdasan kategori sedang kelas I di SLB N 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis Single Subject Research (SSR). Desain penelitian yang digunakan yaitu desain A-B-A’. Subyek penelitian yaitu seorang siswa hambatan kecerdasan kategori sedang kelas I C1 SLB N 1 Sleman, yakni subyek KWA. Pengumpulan data menggunakan obeservasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis dalam kondisi yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh positif metode permainan sensorimotor terhadap konsentrasi belajar anak dengan hambatan kecerdasan kategori sedang yaitu adanya peningkatan konsentrasi belajar dari baseline-1 ke baseline-2 sebesar 29,56%, pada aspek aktivitas belajar mengalami peningkatan sebesar 17,33%, sedangkan pada rentang perhatian terjadi peningkatan perhatian subjek selama 14 menit setelah diberikan intervensi. Hal ini menunjukan terjadi peningkatan skor pada setiap kondisi. Adanya perubahan tersebut dapat disimpulkan bahwa metode permainan sensorimotor berpengaruh positif untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada anak dengan hambatan kecerdasan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 23 Oct 2017 08:58
Last Modified: 30 Jan 2019 15:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53539

Actions (login required)

View Item View Item