PEMBELAJARAN BATIK TULIS ETNIK MOJOKERTO PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 1 GONDANG MOJOKERTO JAWA TIMUR

Suhartatik, Novia (2017) PEMBELAJARAN BATIK TULIS ETNIK MOJOKERTO PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 1 GONDANG MOJOKERTO JAWA TIMUR. S1 thesis, Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran batik tulis etnik Mojokerto pada kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 1 Gondang Mojokerto Jawa Timur dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil belajar semester genap Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini ialah guru dan peserta didik pembelajaran batik tulis etnik Mojokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kulitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat dideskripsikan sebagai berikut. 1) perencanaan guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan pada silabus dan Kurikulum 2013. Media pembelajaran menggunakan contoh karya batik tulis guru dan siswa terdahulu seperti Kawung Sekar Majapahit. Metode dalam pembelajaran batik tulis etnik Mojokerto adalah demonstrasi, diskusi dan tanya jawab, serta pemberian tugas kepada peserta didik. 2) Pelaksanaan pembelajaran batik tulis etnik Mojokerto dilaksanakan sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang dibuat. Hasil karya batik yang diciptakan oleh peserta didik berupa batik tulis dengan motif yang bertemakan etnik Mojokerto dengan menggunakan pewarnaan yang disesuaikan dengan ciri khas warna Majapahit. Pembuatan motif dilakukan melalui eksplorasi berupa studi lapangan tentang budaya lokal seperti mengunjungi situs peninggalan Majapahit dan melalui simbolisasi nama daerah yang ada di Kabupaten Mojokerto. 3) Penilaian hasil belajar menggunakan alat ukur non tes dan tes yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotor, serta proses pembuatan karya batik tulis etnik Mojokerto. Karya batik tulis etnik Mojokerto tergolong baik karena dinyatakan tuntas dan memenuhi standar KKM yaitu 75. Kata Kunci: batik tulis etnik Mojokerto, pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 23 Oct 2017 08:02
Last Modified: 30 Jan 2019 15:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53532

Actions (login required)

View Item View Item