ANALISIS DONGENG “SCHNEEWEIßCHEN UND ROSENROT” DAN “JORINDE UND JORINGEL” DARI KUMPULAN DONGENG DIE MÄRCHEN DER BRÜDER GRIMM (KAJIAN STRUKTUR NARATIF VLADIMIR PROP)

Milasari, Fatimah (2017) ANALISIS DONGENG “SCHNEEWEIßCHEN UND ROSENROT” DAN “JORINDE UND JORINGEL” DARI KUMPULAN DONGENG DIE MÄRCHEN DER BRÜDER GRIMM (KAJIAN STRUKTUR NARATIF VLADIMIR PROP). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Milasari Fatimah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) fungsi 2) skema struktur 3) lingkungan aksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah dongeng Schneeweißchen und Rosenrot dan Jorinde und Joringel yang terdapat pada buku Die Märchen der Brüder Grimm. Data diperoleh dengan teknik baca-catat. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Reliabilitas yang digunakan adalah reliabilitas intrarater dan interater. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) fungsi yang terdapat dalam dongeng Schneeweißchen und Rosenrot sebanyak 15 fungsi. Fungsi yang terdapat dalam dongeng Jorinde und Joringel sebanyak 19 fungsi. 2) Skema struktur dalam dongeng Schneeweißchen und Rosenrot dan Jorinde und Joringel dibagi menjadi tiga yaitu bagian permulaan, bagian pertengahan dan bagian akhir. 3) Fungsi dalam dongeng Schneeweißchen und Rosenrot didistribusikan ke dalam lima lingkungan aksi. Fungsi dalam dongeng Jorinde uund Joringel didistribusikan ke dalam lima lingkungan aksi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: dongeng, teori struktur naratif Vladimir Propp, fungsi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 25 Oct 2017 01:26
Last Modified: 30 Jan 2019 15:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53528

Actions (login required)

View Item View Item